Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

INCOILS 2021

Gus Yaqut: Kebijakan Kemenag Harus Lahir Dari Forum-forum Ilmiah

Rabu, 22 Desember 2021 00:57 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Dok. Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan ke para anak buahnya agar lebih banyak melahirkan forum-forum ilmiah, seperti International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021. Pada pembukaan INCOILS 2021 yang bertajuk "Sharia, State, and Legal Pluralism" Menag mengatakan, forum yang mengumpulkan banyak intelektual yang matang dalam hal keilmuan ini dapat menjadi bahan masukan penting bagi Pemerintah dalam hal membuat kebijakan.

“Kalau dulu forum semacam ini digelar setahun sekali, kalau bisa ke depan 3 atau 4 kali dalam satu tahun," kata Menag, dalam arahannya saat membuka Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan INCOILS 2021, di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Selasa (21/12).

Baca juga : MPO Golkar Wajib Sebarkan Kerja Airlangga Di Platform Digital

"Karena saya ingin membiasakan lingkungan akademik di bawah Kementerian Agama (Kemenag) rajin-rajin mengasah otak dan ilmu. Karena kita tahu knowledge is power,” sambungnya, di hadapan para peserta yang diisi para profesor dan direktur pascasarjana dari berbagai PTKIN di Indonesia.

Lebih jauh, Gus Yaqut ingin mentradisikan kebijakan-kebijakan yang lahir dari Kemenag ke depan lahir dari naskah akademik buah pemikiran pakar-pakar yang hadir dari forum-forum di bawah Kemenag. Tak tanggung-tanggung, ia pun memerintahkan kepada jajarannya untuk tak segan-segan membantu digelarnya forum-forum ilmiah semacam INCOILS.

Baca juga : Menko Polhukam: Kebijakan Pemerintah Harus Berorientasi Keutuhan Nasional

“Dari agenda ini (INCOILS 2021) saya ingin nanti ada semacam executive summary atau naskah akademik yang nanti bisa saya jadikan pijakan dalam mengambil kebijakan,” harapnya.

Sebagai informasi, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam bersama UIN Raden Intan Lampung menggelar INCOILS 2021 pada 21-24 Desember 2021. Acara ini menghadirkan pembicara baik daring maupun luring dari berbagai universitas ternama di dunia.

Baca juga : Erupsi Gunung Semeru, Puan: Keselamatan Warga Harus Jadi Prioritas

Turut hadir mendampingi Menag dalam pembukaan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, serta jajaran Kemenag lainnya. Hadir pula menyambut kedatangan Menag, Bupati Pringsewu Sujadi Sadat beserta jajaran Forkopimda lainnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.