Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko Pede, Program Pemberdayaan Di Desa Sumberklampok Bali Sukses

Selasa, 21 Juni 2022 13:23 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko optimistis, program pemberdayaan untuk Reforma Agraria di Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali akan berhasil dan menjadi inspirasi untuk pemberdayaan di daerah-daerah lain.

"Program pemberdayaan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di sini (Desa Sumberklampok). Jadi, saya yakin program ini akan berhasil dan menjadi inspirasi untuk daerah lain," kata Moeldoko, pada penyerahan 21 program pemberdayaan hasil integrasi lintas kementerian, di Desa Sumberklampok, Buleleng, Bali, Selasa (21/6).

Moeldoko menegaskan, program reforma agraria bukan hanya soal bagi-bagi tanah, tapi juga pemberdayaan. Ia menyebut, Presiden Jokowi telah mengamanatkan bahwa tanah yang sudah diredistribusikan harus lebih produktif dan bisa memberikan hasil untuk kehidupan.

Baca juga : Telkom Perluas Layanan Kesehatan Sampai Sampang

Moeldoko melanjutkan, Kantor Staf Presiden (KSP), yang bertugas mengawal program-program prioritas dan strategis Presiden dan Wakil Presiden, langsung bekerja melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Hingga akhirnya menetapkan Desa Sumberklampok sebagai daerah percontohan pelaksanaan program pemberdayaan untuk reforma agraria.

"Penyerahan program pemberdayaan hari ini hasil orkestrasi KSP bersama lintas kementerian. Untuk itu, program dilakukan secara terpadu. Kalau dinominalkan bisa mencapai 10 miliar rupiah," terang Moeldoko.

Panglima TNI 2013-2015 ini juga menambahkan, program pemberdayaan di Desa Sumbeklampok adalah yang pertama, dan akan menjadi model pemberdayaan untuk reforma agraria di daerah-daerah lainnya. “Untuk itu, saya berpesan agar program-program pemberdayaan yang diberikan pemerintah bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan harus berhasil,” pesan Moeldoko.

Baca juga : BPDPKS: Program Pengembangan SDM Tingkatkan Profesionalisme Pekebun

Penyerahan 21 program pemberdayaan di Desa Sumberklampok melibatkan Kantor Staf Presiden, Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Desa PDT, Kemenkop dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian ATR/BPN.

Dua puluh satu program itu meliputi 11 program kegiatan di bawah kendali KKP, 4 kegiatan dari Kemenkop UKM, 5 kegiatan Kementan, 1 kegiatan Kemendes PDT, dan pemetaan sosial oleh Kementerian ATR/BPN. Wujud dari pelaksanaan program berupa pelatihan, pendampingan, dan bantuan. Beberapa di antaranya, 100 ekor sapi Bali, pembangunan sarana dan prasarana perikanan, dan pelatihan digital marketing bagi pelaku usaha mikro.

Reforma Agraria merupakan salah satu program prioritas Presiden Jokowi, sejak 2015 hingga saat ini. Sebanyak 28 juta sertifikat telah diserahkan Presiden melalui Kementerian ATR/BPN di seluruh provinsi. Harapannya ke depan untuk setiap lokasi yang sudah diredistribusikan diikuti dengan program pemberdayaan.

Baca juga : Kemendagri Dukung Penuh Program Perlindungan Anak Di Daerah

Untuk Desa Sumberklampok, Pemerintah telah menyerahkan 1.613 sertifikat dengan redistribusi tanah seluas 458,7 hektare. “Konflik agraria Sumberklampok ini konflik kronis, dan sudah terjadi selama 61 tahun. Tapi di pemerintahan Presiden Jokowi, konflik ini bisa diselesaikan tuntas dan dilakukan pemberdayaan,” tutup Moeldoko.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.