Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Indeks BerAKHLAK, Masuk Best Starter Harmonis

Selasa, 13 Desember 2022 23:01 WIB
Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag, Nurudin. (Foto: Dok. Kemenag)
Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag, Nurudin. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan hasil survei indeks BerAKHLAK, Selasa (13/12). Sejumlah kementerian dan lembaga mendapat penghargaan sesuai kategori yang ditentukan, termasuk Kementerian Agama (Kemenag).

“Alhamdulillah, hasil survei BerAKHLAK yang dilakukan Kemenpan-RB, Kementerian Agama masuk dalam kategori Best Starter (Harmonis),” terang Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag, Nurudin, seperti dimuat kemenag.go.id. Selasa (13/12).

Baca juga : IEB Institute: Indonesia Negara Besar Ketiga Pengekspor Ikan Hias

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur, dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN, yaitu bangga melayani bangsa.

Survei budaya kerja tahun 2022 ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Tujuan survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi. Di antaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal.

Baca juga : Hasil Survei SNLIK OJK, Indeks Literasi Keuangan Masyarakat RI Naik

“Dengan skor indeks mencapai 70,4, budaya kinerja Kementerian Agama dinilai cukup sehat,” ucap Nurudin.

Nurudin berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas implementasi Core Values BerAKHLAK. Sejumlah upaya pembinaan terus dilakukan. Mulai dari penegakkan disiplin pegawai, pemberian reward and punishment, sampai peningkatan kualitas SDM.

Baca juga : Survei NEW Indonesia: Puan, AHY, Dan Andika 3 Besar Cawapres

“Kami jalin sinergi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan kampus Perguruan Tinggi Keagamaan dalam upaya peningkatan kualitas SDM. Kemenag juga akan segera memeliki Gedung Pusat Penilaian Kompetensi yang diharapkan akan dioptimalkan sebagai sarana pemetaan kompetensi ASN agar dapat melakukan kerja-kerja layanan secara lebih maksimal,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.