Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja KSP: 2022 Petakan 53 PSN, 2023 Kawal 5 Agenda Prioritas Jokowi

Selasa, 27 Desember 2022 21:29 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (berdiri depan) dalam acara Catatan Akhir dan Awal Tahun KSP, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/12). (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (berdiri depan) dalam acara Catatan Akhir dan Awal Tahun KSP, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/12). (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim, sepanjang 2022 Kantor Staf Presiden (KSP) bisa bekerja dengan cukup baik. KSP telah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Presiden Jokowi seperti mengawal Program Prioritas Nasional dan Program Strategis Nasional (PSN).

"Saya mendapat perintah dari Presiden untuk memetakan dari sekian banyak Program Strategis Nasional itu kondisinya seperti apa," kata Moeldoko, dalam acara Catatan Akhir dan Awal Tahun KSP, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/12).

Baca juga : Sambut Tahun 2023, KSP Siap Mengawal 5 Agenda Prioritas Presiden Jokowi

Ia menyatakan, KSP telah memetakan 53 PSN yang ada agar berjalan sesuai dengan target. "Saya ingin meletakkan bagaimana PSN dari 53 yang kita kenal sekarang terakhir seperti apa? Bendungan seperti apa? Jalan tol seperti apa? Kereta api seperti apa? Dan seterusnya. Kami juga mengelola isu-isu strategis agar situasi kondusif," lanjutnya. 

Moeldoko menyatakan, pihaknya memastikan semua kebijakan Presiden tidak saja terkirim, tetapi sampai dengan baik ke tingkat bawah. KSP juga melakukan debottlenecking terhadap kendala-kendala di lapangan, dan mencari jalan keluar atas permasalahan.

Baca juga : KIB Pertimbangkan Tokoh Yang Di-endorse Jokowi

Dalam menjalankan tugasnya, KSP didukung lima kedeputian, yakni Kedeputian I yang fokus pada isu infrastruktur, energi, dan investasi; Kedeputian II dengan fokus pembangunan manusia; Kedeputian III dengan fokus perekonomian; Kedeputian IV dengan fokus informasi dan komunikasi politik; serta Kedeputian V dengan fokus politik, hukum, pertahanan, keamanan, dan HAM.

Moeldoko menyampaikan, pada tahun 2023, KSP akan mengawal lima agenda prioritas Presiden yang telah disampaikan Jokowi pada 16 Agustus 2022. Kelima agenda prioritas itu, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam; optimalisasi sumber energi bersih dan peningkatan ekonomi hijau; peningkatan perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat; melanjutkan digitalisasi ekonomi agar UMKM Indonesia segera naik kelas; serta keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara dan Program Strategis Nasional.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.