Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luncurkan 300 Ribu Paket Obat Isoman Gratis

Jokowi: Pengawasan Harus Ketat, Obat Tidak Diperjualbelikan

Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Presiden Jokowi dalam acara peluncuran 300 ribu Paket Obat Isoman Untuk Rakyat di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/7).(Foto: Istiewa)
Presiden Jokowi dalam acara peluncuran 300 ribu Paket Obat Isoman Untuk Rakyat di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/7).(Foto: Istiewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah upaya penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan laju penularan Covid-19, pemerintah bekerja keras meringankan beban masyarakat terdampak. Antara lain melalui pemberian bantuan sosial serta bantuan paket obat terapi Covid-19.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, hari ini Presiden Jokowi meluncurkan Paket Obat Isoman Gratis untuk Rakyat, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta.

“Dalam rangka mengurangi laju penularan Covid-19, kebijakan PPKM Darurat tidak terhindarkan. Pemerintah terus bekerja keras untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu, pemerintah memberi bantuan mulai hari ini berupa bantuan bahan pokok, sembako, lewat PKH (Program Keluarga Harapan) dan lewat Bantuan Sosial Tunai, serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan,” ujar Presiden usai peluncuran.

Paket vitamin dan obat terapi Covid-19 ini akan dibagikan di wilayah-wilayah yang berisiko.

Baca juga : PSI: Kalau Tidak Bermanfaat, Bubarkan Saja KPI

“Untuk tahap sekarang ini, yang akan dibagikan adalah 300 ribu paket untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. Dilanjutkan dengan 300 ribu paket lagi untuk yang di luar Jawa,” jelas Jokowi.

Ada 3 jenis paket yang akan dibagikan, untuk dikonsumsi pasien isoman selama 7 hari. Paket 1, untuk pasien OTG (Orang Tanpa Gejala), berupa vitamin. Paket 2 untuk pasien bergejala demam dan hilang indra penciuman atau anosmia, berupa vitamin dan obat. Sedangkan Paket 3, untuk pasien bergejala demam dan batuk, berupa vitamin dan obat

“Paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Paket ini, membutuhkan konsultasi dan resep dokter. Terutama nanti dokter puskesmas,” tegas Presiden.

“Terakhir, Paket 3, berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. Paket ini juga membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter,” imbuhnya.

Baca juga : Erick: 1.300 Pilot Dan Awak Kabin, Plus 2.300 Pegawai Garuda Tetap Dipertahankan

Kepala Negara mengungkapkan bahwa paket obat terapi untuk pasien isoman ini diproduksi oleh BUMN yang bergerak di bidang farmasi. Sementara, pendistribusiannya akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI, bekerja sama dengan pemerintah daerah sampai pemerintah desa. Serta melibatkan puskesmas, babinsa, dan pengurus RT-RW.

“Saya minta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan. Agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena Covid-19. Dan membantu pengobatan warga yang menderita Covid-19.” tegasnya.

Jokowi mengingatkan, agar program ini tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 , baik di apotek maupun di rumah sakit. Ia juga menegaskan, paket isoman gratis untuk rakyat ini tidak untuk diperjualbelikan.

“Ketiga paket obat isolasi mandiri ini tidak diperjualbelikan,” tegasnya.

Baca juga : Izin Pegang Senjata Api Super Ketat, Tak Sembarang Orang Diperbolehkan

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga secara langsung empat orang perwakilan penerima Paket Obat Isoman Gratis untuk Rakyat. Keempat orang tersebut adalah Sigit Triwidodo yang mewakili Sumarno (penerima Paket 3), Satria Abdi Surya mewakili penerima Paket 2, serta Oki Oktaviani dan Martini mewakili penerima Paket 1. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.