Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rektor Unhan Jadi Pembicara WHO 5th EMT Global Meeting 2022 Di Armenia

Jumat, 7 Oktober 2022 13:00 WIB
Rektor Unhan Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian menjadi pembicara pada WHO 5th EMT Global Meeting 2022, di Yerevan, Armenia, Kamis (6/10). (Foto: Dok. Unhan)
Rektor Unhan Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian menjadi pembicara pada WHO 5th EMT Global Meeting 2022, di Yerevan, Armenia, Kamis (6/10). (Foto: Dok. Unhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian menjadi pembicara pada WHO 5th EMT Global Meeting 2022, di Yerevan, Armenia, Kamis (6/10). WHO Global Meeting berlangsung selama 3 hari, 5-7 Oktober 2022, dibuka secara resmi oleh Wakil Perdana Menteri Armenia Hambardzum Matevosyan dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Director General WHO Tedros Adhanom.

Hadir 700 lebih peserta dari 110 negara terdiri dari perwakilan pemerintah, kepala rumah sakit, akademisi, pakar kesehatan, ahli teknologi peralatan medis, dan lain-lain. Delegasi RI diketuai Rektor Unhan dengan anggota delegasi terdiri dari pejabat Kemhan, pejabat Puskes Mabes TNI, dan perwakilan dari LSM. WHO Global Meeting kali ini bertujuan sebagai landmark penyusunan cetak biru pengembangan Emergency Medical Team (EMT) pada tataran Sub-Nasional, Nasional, dan Regional.

Baca juga : Menteri Bahlil: Hilirisasi Bikin RI Disegani Dunia

Materi paparan berjudul "Multi-Country Training Hubs: Indonesia's Experience" disampaikan pada Sesi "Capacity Building and Multi-Country Training Approaches", Kamis (6/10). Sesi tersebut menampilkan 6 panelis, dari WHO, Amerika Serikat, Indonesia, Ethiopia, Israel, dan Belgia.

Rektor Unhan memaparkan kesiapan Unhan menerima mandat dari WHO untuk menjadi WHO Multi-Countries Training Hub. Mandat diberikan setelah WHO memberikan penilaian atas keunggulan konsep Unhan tentang Biodefense, yang meliputi Biointelligence, Biosafety, dan Biosecurity.

Baca juga : Kepala SKK Migas Jadi Pembicara Kunci OGA Exhibition 2022 Malaysia

Dengan mandat tersebut, Unhan akan menjadi Pusat Pelatihan EMT tingkat ll untuk wilayah Asia Tenggara dan Australia. Sebagai Pusat Pelatihan EMT ll, Unhan akan menyelenggarakan pelatihan untuk semua stakeholder di dalam negeri dan luar negeri. Pelatihan tersebut akan meningkatkan kapasitas semua peserta pelatihan mencapai sertifikasi berklasifikasi WHO EMT ll.

Pada kesempatan yang baik tersebut, juga dilaksanakan bilateral meeting dengan beberapa negara peserta dalam rangka sosialisasi mandat WHO sekaligus mengundang para peserta internasional pada program pelatihan EMT II yang diselenggarakan Unhan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.