Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ibu-Ibu, Ini Lho Cara Tepat Memilih Makanan Bayi...

Rabu, 5 Agustus 2020 19:39 WIB
Ilustrasi MPASI/ Foto: Istimewa
Ilustrasi MPASI/ Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang ibu harus lebih cermat memilih makanan untuk sang buah hati. Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, makanan untuk bayi dan anak dalam masa pertumbuhan termasuk dalam kategori Pangan Olahan untuk Keperluan Gizi Khusus (PKGK), yang di dalamnya termasuk juga Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

”Kategori PKGK ini merupangan pangan yang mempunyai tingkat risiko keamanan pangan yang tinggi atau high risk karena target konsumennya merupakan konsumen rentan yaitu bayi dan anak” ujar Penny.

Menurut dia, makanan bayi harus memenuhi persyaratan keamanan, mutu, gizi, label dan iklan. Persyaratan keamanan antara lain persyaratan cemaran (kimia, logam dan mikrobiologi) dan Bahan Tambahan Pangan (BTP).

Baca juga : Pabrik INKA Banyuwangi Percepat Pemulihan Ekonomi

Persyaratan mutu dan gizi antara lain persyaratan kandungan gizi makro dan mikro (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral). Persyaratan iklan meliputi informasi apa saja yang harus diperhatikan, serta iklan yang dilarang untuk produk tertentu. Pangan untuk bayi seperti formula bayi dan formula lanjutan, dilarang diiklankan di media massa.

Selain itu, dia mengatakan, untuk pemilihan makanan bayi yang sudah memiliki izin edar resmi. Standar tersebut berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam memilih makanan untuk bayi dan anak.

"Apabila ditemukan produk pangan Tanpa Izin Edar (TIE) maka Badan POM dapat memberikan sanksi pada pelaku usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk produk yang melanggar akan diperintahkan untuk ditarik dari peredaran dan dapat dimusnahkan," kata Penny. 

Baca juga : Jenderalnya Mbalelo, Duh Kasian Polrinya...

Serupa dengan yang dikatakan Kepala BPOM, Dr. Ameetha Drupadi memberikan tips kepada ibu yang ingin memilih MPASI terbaik untuk anaknya.

“Harus kaya energi, protein dan mikronutrien. Juga harus bersih dan aman” ucap Ameetha.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa MPASI tidak boleh mengandung bahan kimia atau berbahaya serta tidak mengandung zat patogen. Dalam pemberian makanannya pun juga tidak boleh terlalu panas, tidak terlalu asin/pedas.

Baca juga : Terbang Lagi, Begini Cara Baru Pesan Makanan Di AirAsia

“Untuk anak usia 6 sampai 9 bulan jumlah bertahap dari 2 sendok kecil sampai 1 mangkuk setiap kali makan. Jadi saat ini ibu harus cerdas dalam memilih makanan untuk bayi dan anak, khususnya MPASI untuk si kecil yang baru mengenal makanan," pungkas Ameetha. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.