Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

270 Pemudik Jalani Rapid Rest di Pos Pemeriksaan Cikarang Timur, 4 Reaktif

Minggu, 16 Mei 2021 17:07 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan, hingga siang tadi, petugas kepolisian sudah melakukan rapid test antigen terhadap 270 pemudik yang masuk ke arah Jakarta, di Pos Pemeriksaan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hasilnya, ada empat pemudik yang dinyatakan reaktif Covid-19.

"Sampai pukul 13.00 WIB siang ini, jumlah pemudik yang telah menjalani tes swab antigen ada 270 orang. Hasilnya, empat reaktif," ujar Fadil kepada wartawan saat meninjau di pos pemeriksaan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/5).

Menindaklanjuti hasil tersebut, dua di antaranya dibawa ke Wisma Atlet. Sementara dua lainnya dibawa ke rumah masing-masing yang beralamat di Jakarta Timur dan Tangerang.

Baca juga : Penerbangan Di Bandara Angkasa Pura II Turun 90 Persen

"Dua dibawa ke rumah sakit Wisma Atlet karena dia bukan warga yang ber-KTP DKI dan Bekasi," bebernya.

Fadil mengingatkan warga yang menuju ke Jakarta untuk menyertakan surat bebas Covid-19 atau hasil rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam. "Sehingga nanti memudahkan perjalanan kepada masyarakat yang akan kembali ke Jakarta," imbuh eks Kapolda Jawa Timur ini.

Namun, dia mengingatkan, jika ditemukan pemudik yang membawa surat rapid test antigen palsu, dia akan ditindak.

Baca juga : Tinjau GT Palimanan, Ketua Satgas Covid Minta Pos Penyekatan Dikawal 24 Jam

Saat ini korps baju cokelat telah membentuk tim khusus untuk menindak pidana pengendara yang didapati menyertakan surat swab palsu tersebut. "Jika ada pemalsuan, kita akan proses dengan tindak pidana pemalsuan surat," tegas Fadil.

Polda Metro Jaya menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan arus balik. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pos pemeriksaan itu akan difungsikan mulai hari ini hingga 7 hari setelah Lebaran.

Namun, tidak tertutup kemungkinan pos pemeriksaan itu tetap aktif hingga akhir bulan ini.  "Nanti menunggu kebijakan apakah sampai akhir bulan Mei," ujar Sambodo di pos pemeriksaan Km 34B Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (15/5).

Baca juga : Kasus Pemakaian Alat Rapid Test Antigen Bekas, IDI: Pelanggaran Berat!

Dalam pos pemeriksaan arus balik itu, petugas akan memeriksa dokumen bebas Covid-19 dari pemudik berdasarkan hasil swab antigen 1x24 jam terakhir. Bagi yang tidak membawa, akan dites secara langsung di lokasi tersebut. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.