Dewan Pers

Dark/Light Mode

Netizen Riuh Luhut Ditugasi Urus Migor

Akhirnya, Opung Turun Juga

Rabu, 25 Mei 2022 07:10 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Luhut lagi, Luhut Lagi. Begitu kiranya kalimat yang sering diucapkan netizen ketika Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tugas baru dari Presiden Jokowi.

Luhut kembali mendapat penugasan dari Presiden Jokowi untuk ikut membantu dan menyelesaikan masalah pendistribusian minyak goreng (migor). Luhut mengaku, penugasan ini sudah disampaikan langsung Presiden Jokowi kepadanya sejak be­berapa hari lalu.

“Sekarang saya menangani juga masalah minyak goreng, perintah Presiden. Kita sudah ketemu bentuknya. Mudah-mudahan ini akan bisa terselesaikan dengan cepat,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.

Berita Terkait : Pastikan Lalu Lintas Sapi Antar Area Aman, Mentan Turun Ke Lapangan

Dengan disertakannya Luhut, berarti sudah ada tiga kementerian sekaligus yang telah ditugaskan Presiden Jokowi untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah minyak goreng. Yakni Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Luhut berharap, langkah-langkah yang sudah ada saat ini terkait penanganan distribusi minyak goreng dapat dipatuhi oleh seluruh pemangku ke­pentingan. Sebab, permasala­han minyak goreng tidak bisa dikerjakan sendiri, tidak akan selesai.

Sebelum mengurusi minyak goreng, Luhut selama ini dipercaya mengurusi banyak hal. Di antaranya, Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional. Penunjukan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 tahun 2022 tentang Dewan SDA Nasional.

Berita Terkait : Optimalkan Tol Laut, PTPN Group Distribusikan Migor  Ke Wilayah Timur Indonesia

Luhut juga ditunjuk menjadi Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Sebelumnya, Luhut ditunjuk menjadi Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri, yang disebut Tim Nasional P3DN.

Netizen mendukung keputusan Jokowi menunjuk Luhut mengurus minyak goreng. Meski, penunjukan tersebut dikha­watirkan rawan dengan konflik kepentingan.

Berita Terkait : Presiden Minta Kasus Migor Diusut Tuntas

“Bukan orang lain tidak bisa kerja. Tapi orang ini bisa diper­caya,” ujar @JoelCovid.

Akun @hey_tif mengata­kan, Luhut memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Hampir setiap pekerjaan yang dikerjakan Luhut selalu berhasil.
 Selanjutnya