Dewan Pers

Dark/Light Mode

Seliweran Via WA Group, Info Kabar Soal Anak Kang Emil, Yang Mengatasnamakan Dubes RI Di Swiss

Jumat, 27 Mei 2022 10:28 WIB
Ridwan Kamil dan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz. (Foto Ist)
Ridwan Kamil dan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss sempat dikabarkan telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Informasi itu ramai berseliweran di berbagai WhatsApp Group. Mengklaim sumbernya berasal dari Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad.

"Info 2 menit lalu sudah ditemukan dalam keadaan selamat namun luka-luka kebentur dinding sungai. Info langsung pak Dubes Muliaman," demikian bunyi pesan WhatsApp tersebut.

Berita Terkait : Ini Kronologi Anak Kang Emil Hilang Di Sungai Aare, Swiss

Rakyat Merdeka sampai saat ini masih menunggu konfirmasi dari Dubes Muliaman, terkait pesan WhatsApp tersebut. 

Hingga akhirnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern memberikan klarifikasi sebagai berikut:

Klarifikasi KBRI Bern terkait WNI Hilang atas nama Emmeril Mumtadz Jumat, 27 Mei 2022, 08.00 CEST:

Berita Terkait : Centratama Group Kuatkan Posisi Penyedia Menara Terbesar Di Indonesia

1. Sejak menerima laporan hilang kontaknya Emmeril Mumtadz, pada hari Kamis, 26 Mei 2022 pukul 11.00 CEST, KBRI Bern telah melakukan koordinasi erat dengan Kepolisian Swiss, emergency line Swiss, serta rumah-sakit rumah sakit terdekat di Kota Bern.

2. Hari Kamis, 26 Mei 2022, Polisi Kota Bern telah mengerahkan tim SAR yang terdiri dari unsur polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern untuk menyisir seluruh area potensial (all possible spots) sepanjang sungai Aare, dari pukul 10.00 - 15.00 CEST.

3. Per tanggal 26 Mei 2022, pukul 18.00, proses pencarian yang dilakukan oleh tim SAR setempat belum berhasil memperoleh hasil yang diharapkan.

Berita Terkait : Resmi Dilantik, Ibnu Sina Janji Menangkan Demokrat Di Kalsel

4. Kepolisian Swiss beserta tim SAR akan melanjutkan proses pencarian dengan jangkauan yang lebih luas hari ini, Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 09.00 CEST - selesai.

5. KBRI Bern bersama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Jakarta c.q. Direktorat Perlindungan WNI akan terus memantau perkembangan pencarian Sdr. Emmeril. ■