Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Dan Syahrul Sahabat Lama, Sudah Kenal Sejak Gubernur DKI

Selasa, 3 Januari 2023 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah memiliki riwayat persahabatan, bekerja sama, dan kerelasian yang panjang.

Keduanya berhubungan bukan hanya ketika Presiden Jokowi menunjuk Syahrul Yasin Limpo menjadi Menteri Pertanian sejak Oktober 2019, namun riwayat hubungan dan kerja samanya terjalin sejak lama, jauh sebelum Jokowi menjadi presiden dan Syahrul Yasin Limpo menjadi menteri.

"Hubungan Jokowi dengan Syahrul Yasin Limpo bukan sebatas atasan dan bawahan, tapi memang sudah terjalin sejak lama," kata adik kandung Syahrul, Irman Yasin Limpo, Selasa (3/1).

Hubungan Syahrul Yasin Limpo dengan Jokowi semakin intens di Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Keduanya sama-sama menjadi gubernur, dimana Syahrul Yasin Limpo jadi Gubernur Sulsel selama 10 tahun, 2008 hingga 2018, setelah sebelumnya lima tahun jadi Wakil Gubernur Sulsel dan 10 tahun jadi Bupati Gowa.

Syahrul Yasin Limpo terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk periode 2011-2015 di Semarang, Desember 2011. Setelah beberapa bulan Syahrul Yasin Limpo memimpin APPSI, Joko Widodo terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 diselenggarakan pada Rabu, 11 Juli 2012.

Otomatis, Joko Widodo menjadi anggota APPSI bersama 32 gubernur lainnya di Indonesia. Selama di APPSI, hubungan Jokowi dengan Syahrul Yasin Limpo terjalin sangat baik. Syahrul Yasin Limpo kemudian terpilih lagi jadi Ketua APPSI periode kedua 2015-2019, secara aklamasi dalam Munas APPSI di Makassar pada 26 November 2015.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Konser Rakyat Goyang Di Purwokerto

Syahrul Yasin Limpo memimpin pengurus APPSI menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6/2015) siang.

Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, pertemuan itu dimaksudkan untuk melaporkan suasana daerah dan beberapa poin-poin penting yang harus disampaikan kepada Presiden terkait hasil Rakernas APPSI di Maluku yang lalu, khususnya terhadap bagaimana memacu perputaran ekonomi kita agar bisa lebih cepat dari sekarang.

Salah satu yang utama, kata Syahrul Yasin Limpo adalah harapan agar pemerintah mendorong perbankan, khususnya bank pemerintah atau Bank Pembangunan Daerah (BPD), untuk lebih terlibat dalam kredit-kredit usaha miko, kecil dan menengah (UMKM).

Presiden Jokowi lalu mengukuhkan Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya menjadi Ketua dan Pengurus APPSI 2015-2019 Senin malam, 30 Januari 2017. Beberapa pekan setelah Jokowi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Ibu Kota Negara mengalami krisis beras. Saat harga beras naik drastis, Jokowi yang sudah mengenal Syahrul sebagai ketua umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) langsung terbang ke Makassar.

Saat itu, Jokowi langsung meminta bantuan beras untuk digelontorkan di pasar Jakarta agar harga stabil. Syahrul Yasin Limpo mengirim beras ke Jakarta 5 kontainer dalam semalam.

"Waktu itu Jokowi baru jadi gubernur (DKI Jakarta), baru beberapa bulan. Nah terjadi lah persoalan dengan beras, katakanlah di DKI tiba- tiba melonjak keras (harga beras)," ungkap Syahrul kepada wartawan di Jakarta, Oktober 2019, beberapa hari setelah dilantik menjadi menteri pertanian.

Baca juga : Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Gempa Cianjur Dimulai

Kala itu, Syahrul Yasin Limpo bercerita Jokowi meminta dua kontainer beras untuk dikirim ke Jakarta. Namun, Syahrul mengatakan pihaknya memberikan lebih, hingga lima kontainer beras hanya untuk dikirim ke Jakarta.

"Jokowi terbang ke Makassar menemui saya, dia minta dua kontainer (beras) segera dikirimkan untuk menutup kekurangan yang ada. Dia minta dua kontainer saya kasih lima kontainer," kisah Syahrul.

Tidak sampai di situ, Syahrul juga pernah diajak Jokowi mengunjungi pasar di Jakarta. Dia melihat saat itu pasar Jakarta kekurangan daging. Syahrul pun menawarkan kembali bantuan pangan ke Jakarta setelah beras. Karena kekurangan daging, Syahrul menyarankan Jokowi untuk menggantinya dengan ikan, akhirnya dikirimkan lah ikan dari Makassar.

"Terus saya cek masuk ke pasarnya, dia sama saya ke sini ke Jakarta. Saya lihat, 'wah kamu kurang daging juga'. Udah lah nggak usah makan daging, makan ikan saja. Saya kirim lah ikan tuna kemarin," cerita Syahrul.

Bagi Syahrul, momen itu sangat dalam dan berarti baginya. Menurutnya kemungkinan kisah itu juga yang membuatnya dipercaya mengemban amanah sebagai Menteri Pertanian.

 "Itu lah yang paling dalam. Mungkin itu juga yang dia (Jokowi) ingat ke saya, bahwa saya mengeksekusi lebih dari apa yang diharapkkan orang, mungkin saja," kata Syahrul.

Baca juga : Lestari Ingatkan Pentingnya Penanaman Nilai Kebangsaan Sejak Dini

Hubungan Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo semakin kental setelah keduanya berkolaborasi mengatasi krisis beras di DKI Jakarta. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, termasuk sosok yang kerap berbagi pesan, nasihat, atau pengalaman lewat media sosial.

Hingga Jokowi menjadi calon presiden (capres), Syahrul Yasin Limpo tetap menjalin hubungan dengan sang sahabat. Maka, ketika Jokowi memutuskan ke Sulsel untuk silaturahmi dan bertemu tokoh, sebagai capres, Syahrul Yasin Limpo termasuk yang pertama dihubungi.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi se-Indonesia (Appsi) itu memajang fotonya bersama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi). Begitu tiba di Makassar, Jokowi dan rombogan langsung ke kediaman ibunda Syahrul Yasin Limpo di Jl Haji Bau, Makassar, Sabtu (10/5/2014).

Jokowi melaksanakan Salat Magrib di ruang tamu rumah orangtua Syahrul Yasin Limpo. Di rumah yang berjarak sekitar 300 m sebelah timur rumah pribadi Jusuf Kalla itulah, Jokowi mengumumkan kriteria calon wakilnya.

"Di situlah, untuk pertama kalinya Pak Jokowi mengumumkan bahwa calon wakilnya dari Sulsel," ujar Irman Yasin Limpo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.