Dark/Light Mode

Senin Ketemu Presiden PKS, Kamis Sowan Ke Ketum Golkar

Sebagai Politisi, Kaesang Sudah Naik Level

Rabu, 10 Juli 2024 08:13 WIB
Pertemuan antara Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di kantor DPP PKS, di Jakarta, Senin (8/7/2020). (Foto: Ist)
Pertemuan antara Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di kantor DPP PKS, di Jakarta, Senin (8/7/2020). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski masih muda, Kaesang Pangarep mulai menunjukkan kematangannya dalam berpolitik. Makin ke sini, level permainan politik Ketum PSI itu, makin menanjak.

Hal itu dibuktikan baru-baru ini, Kaesang berani mengunjungi senior-seniornya di panggung politik. Setelah Senin (8/7/2024) menemui Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, Kamis (11/7/2024), Kaesang akan menemui Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto

Kabar Kaesang akan berkunjung ke kantor Partai Golkar diungkapkan langsung oleh Airlangga.

"Kamis, saya akan kedatangan tamu," kata Airlangga, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Ditanya siapa tamu yang dimaksud, Airlangga enggan membocorkannya. Namun, dia tidak menampik saat didesak tamu yang dimaksud adalah Kaesang. "Kira-kira begitu," tambah Menko Perekonomian ini. 

Baca juga : Bamsoet Gelar Prosesi Pengajian dan Siraman, Jelang Pernikahan Anak Kelima

Di kesempatan sama, politisi Golkar, Dito Ariotedjo mengkonfirmasi, akan ada pertemuan Airlangga dengan Kaesang besok sore. Dito menyebut, Kaesang yang akan bertandang ke kantor Beringin. 

"Ya, rencana hari Kamis pukul 5 sore, Mas Kaesang ke Golkar," ucap Dito. 

Apa yang akan dibahas, Dito belum mengetahui pasti. Namun, Dito menjamin, pertemuan kedua bos partai pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu, tidak spesifik membahas dukungan Golkar kepada Kaesang maju di Pilkada 2024. 

"Ini kan detik-detik sebelum Agustus, pastinya kami sesama koalisi ini harus menyelaraskan jagoan-jagoan Pilkada," sebut Menteri Pemuda dan Olahraga itu. 

Menyoal peluang Kaesang maju di Pilkada DKI Jakarta, Dito enggan berkomentar lebih jauh. "Itu tergantung Mas Kaesang sendiri lah, di mana pun kan surveinya bagus," tandas Dito. 

Baca juga : Habis Ketemu Jinping, Prabowo Sowan Ke Kishida Di Tokyo, Ini Yang Dibahas

Sementara, Juru Bicara PSI, Kokok Dirgantara mengaku, bersyukur Kaesang bisa diterima oleh pimpinan partai besar. Selaku kader PSI, dirinya bangga memiliki ketua umum seperti Kaesang yang mampu menjalin komunikasi lintas partai. Khususnya dengan ketua umum partai besar seperti Golkar. 

"Alhamdulillah, kami dapat diterima dan menjalin komunikasi yang bermartabat dengan partai-partai besar. Bangga juga PSI diperhitungkan dalam kancah perpolitikan nasional," sebut Kokok, saat dihubungi Rakyat Merdeka, Selasa (9/7/2024).

Sementara, Ketua DPP PSI Furqon AMC menyebut Kaesang terus berupaya memperbanyak kawan politik. "Undangan pertemuan dari parpol-parpol besar memperlihatkan posisi PSI yang semakin diperhitungkan dalam percaturan politik nasional," imbuh Furqon.

Terpisah, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, terdapat tiga misi yang sedang ditarget Kaesang. Pertama, Kaesang berupaya menunjukkan jati dirinya sebagai politisi.

"Karena selama ini citra yang melekat lebih dominan sebagai pebisnis dan putra bungsu Presiden," nilai Agung, kepada Rakyat Merdeka, Selasa (9/7/2024).

Baca juga : Abis Nyoblos, Warga Asyik Berpesta

Kedua, Kaesang menyadari, stigma masyarakat bahwa PSI merupakan partai kecil. Karena itu, Kaesang mencoba menghilangkan stigma tersebut. Salah satu caranya, yaitu rajin bertemu dengan tokoh politik senior. 

"Di luar itu, arahan Kaesang melakukan kunjungan ke partai-partai untuk menguatkan persepsi elite bahwa PSI lentur dan tak kaku membangun komunikasi politik dengan siapapun," pungkas Agung. 

Sebelum bertemu Airlangga, Kaesang terlebih dulu sowan ke Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. Pertemuan keduanya berlangsung di Kantor DPP PKS, TB Simatupang, Jakarta, Senin (8/7/2024). 

Kedatangan putra bungsu Presiden Jokowi itu disambut langsung Syaikhu. Kaesang yang berbatik ini, lalu diajak masuk ke sebuah ruangan pertemuan. Pertemuan membahas kerja sama politik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.