Dark/Light Mode

Meeting of Minds Forum 2019

Perlunya Penyatuan Persepsi untuk Atasi Permasalahan Dunia

Rabu, 11 Desember 2019 17:57 WIB
Konferensi internasional Meeting of Minds (MeMinds) Forum 2019 yang diselenggarakan Heritage Amanah International bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Opus Grand Ballroom, The Tribrata, Jakarta, Rabu (11/12). (Foto: Istimewa)
Konferensi internasional Meeting of Minds (MeMinds) Forum 2019 yang diselenggarakan Heritage Amanah International bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Opus Grand Ballroom, The Tribrata, Jakarta, Rabu (11/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi berskala internasional Meeting of Minds (MeMinds) Forum 2019. Forum ini bertujuan menyatukan beragam pemikiran, kemampuan dan keahlian lintas budaya dan bangsa untuk mengatasi berbagai ketimpangan serta kemelut yang selama ini membelenggu masyarakat di berbagai penjuru dunia. Konferensi bertema “Menghadapi Isu-isu Global Demi Masa Depan yang Makmur dan Berkelanjutan” diselenggarakan Heritage Amanah International bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) digelar di Opus Grand Ballroom, The Tribrata, Jakarta 11-12 Desember 2019.        

Pertemuan dua hari ini dipimpin Ketua Bersama MeMinds Prof Dr Ismail Serageldin, seorang Pustakawan Emeritus Alexandria yang juga mantan Wakil Presiden Bank Dunia. Serageldin mengungkapkan, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia memiliki pertumbuhan ekonomi yang dinamis dan jumlah anak muda yang mencapai 129 juta jiwa atau 48 persen dari total penduduk negeri ini.        

Berita Terkait : Pertamina Energi Forum 2019, Antisipasi Revolusi Energi

“Ini kekayaan luar biasa. Ide-ide anak muda ini harus dikembangkan untuk diaktualisasikan. Ditambah lagi Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 5,5 persen per tahun. Pertumbuhan ini sangat baik, terutama dalam mengurangi kemiskinan,” kata dia, Rabu (11/12).        

Menurutnya, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat luar biasa, baik di darat dan laut. Negara ini sedang bergerak, dengan banyak potensi untuk masa depan dan juga tantangan besar.       MeMinds Forum 2019 akan mempertemukan beragam generasi dengan latar belakang budaya, pendidikan, dan profesi untuk membahas isu-isu yang selama ini menjadi keprihatinan dunia. Selain masalah perubahan iklim, MeMinds Forum 2019 juga akan mengeksplorasi lebih jauh tentang perekonomian syariah dan wakaf yang kini tumbuh pesat di berbagai belahan dunia.      

Baca Juga : Penting, Pendidikan Keluarga untuk Dukung SDM Unggul

Direktur Wahid Institut Yenny Wahid mengatakan, banyak persoalan dunia yang harus diatasi bersama. Saat ini semua negara sudah terkait globalisasi dengan persolan yang ada mulai dari lingkungan hidup, kemiskinan, kesenjangan dan teknologi.       

Menurut Yenny, perlu ada penyatuan persepsi. Perlu pertemuan di mana para ahli dari latar belakang yang berbeda bukan hanya berbicara, berdiskusi tapi juga ada interaksi dengan masyarakat untuk mencari solusi dari berbagai macam masalah yang ada. [WHY]