Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Said Aqil Jadi Preskom, Gories Jadi Komisaris

Oesman Sapta: OSO Group Dibangun Dengan Hati Nurani

Kamis, 30 Januari 2020 10:43 WIB
Chairman OSO Grup, Oesman Sapta didampingi  Istri  Serviati Oesman,  Preskom Said Aqil Siradj, Raja Sapta Oktohari, Haryonindito,  Putri Selaras (kanan  OSO), Komisaris Independen Gories Mere,  dan DIrut Oso Grup Raja Sapta Ervian menghadiri Coorporate Gathering OSO Grup 2020 di Jakarta, Rabu (29/1). (Foto: Istimewa)
Chairman OSO Grup, Oesman Sapta didampingi Istri Serviati Oesman, Preskom Said Aqil Siradj, Raja Sapta Oktohari, Haryonindito, Putri Selaras (kanan OSO), Komisaris Independen Gories Mere, dan DIrut Oso Grup Raja Sapta Ervian menghadiri Coorporate Gathering OSO Grup 2020 di Jakarta, Rabu (29/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Chairman OSO Group, Oesman Sapta, mengangkat KH Said Aqil Siradj menjadi Presiden Komisaris (Preskom) OSO Group. Selain Kiai Said, OSO, sapaan Oesman, juga mengangkat letnan Jenderal (Purn) Gories Mere sebagai Komisaris Independen di perusahaan tersebut.

“Malam ini (kemarin, red) OSO Group mendapat kehormatan. Kita memiliki Presiden Komisaris baru, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj. Sejak malam ini, beliau menyatakan bersedia menjadi Presi den Komisaris OSO Group.

Kemudian, letnan Jenderal (Purn) Gories Mere, diangkat menjadi Komisaris Independen OSO Grup,” ujar OSO menyampaikan sambutan dalam acara Corporate Gathering OSO Group, di Grand Ballroom Hotel Ritz Charlton, Jakarta, kemarin.

Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu meyakini, bergabungnya Kiai Said dan Gories Mere akan membuat OSO Group semakin besar. Karena itu, OSO juga mengajak seluruh karyawan OSO Group terus bersama-sama membangun dan membesarkan perusahaan.

“Atas nama keluarga dan organisasi, saya berdoa semoga semua diberi berkah oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan membangun organisasi ini dengan hati nurani,” ujarnya.

Pria kelahiran Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat, 18 Agustus 1950 itu, menambahkan, kedua tokoh tersebut juga akan menjadi kunci dalam rangka membangun kekuatan OSO Group dengan strategi 5S.

Baca juga : BMKG Pastikan, Gempa M5,8 di Maluku utara Tak Berpotensi Tsunami

S pertama adalah strategi. “Strategi apa yang ingin dibangun ke depan untuk memajukan perusahaan ini,” kata OSO. S kedua adalah Struktur dan S yang ketiga ialah skill.

“Di sini, yang perlu diperhatikan adalah penempatan orang di posisi yang tepat. The right man in the right place,” ujar dia. S keempat adalah Sistem.

Menurut OSO, setelah ada strategi, struktur, dan skill, tapi tak memiliki sistem, perusahaan tidak akan berjalan dengan maksimal.

“Nah, S yang kelima adalah Speed and target. Sebuah perusahaan harus memiliki target. Dalam mencapai target itu harus punya ukuran waktu. Jadi, speed and target adalah kecepatan dalam pencapaian hasil daripada target itu sendiri,” urai Ketua Umum DPP Partai Hanura ini.

OSO menambahkan, 5S telah menjadi filosofi hidupnya. Dia bercerita, dengan prinsip 5S itu, telah membangun perusahaan mulai dari nol.

“Bayangkan, saya membangun perusahaan ini dengan modal Rp 500 ribu pada tahun 1974. Itupun kredit di bank. Waktu itu, di perusahaan hanya tiga orang. Saya, pembantu, dan staf saja,” ungkap dia.

Baca juga : Jiwasraya Sakit Jiwaraga

Saat ini, OSO Group telah menggurita di berbagai bidang dengan total karyawan sebanyak 25 ribu orang di seluruh Indonesia. “Saya bukan pemegang saham. Sepeser pun tidak ada. Yang punya (saham) adalah istri dan anak-anak saya. Saya kerja untuk keluarga, dan semua orang yang bersama saya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, OSO juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para karyawan yang telah mengabdi bersamanya minimal 15 tahun. OSO pun membacakan satu per satu nama karyawan yang sudah mengabdi dalam kurun waktu 15, 18, 21, 23, 30, 31, 32, 33, 34, hingga 38 tahun. Mereka dipanggil naik ke atas panggung untuk mendapatkan penghargaan.

“Dari tahun 1974 sampai sekarang, tidak ada karyawan yang mau berhenti ketika bekerja sama saya. Artinya, saya sayang sama karyawan saya, walaupun kadang saya suka menegur dan memarahi, tapi jadi juga. Dan saya tidak suka karyawan saya ‘disentuh’ siapa pun,” tegas dia.

Mantan wakil ketua MPR itu menambahkan, pengalaman hidup telah memberikan banyak pelajaran berharga kepadanya. Ia juga memotivasi karyawannya untuk bisa berbuat lebih besar.

“Saya bukan siapa-siapa, bukan anak siapa-siapa. Jadi, bayangkan saya tidak punya apaapa, tapi bisa bikin apaapa. Sekarang, Anda sudah punya segalanya, apakah siap untuk menghasilkan apaapa?” tanya OSO dijawab “siap” oleh ribuan karyawan yang hadir dalam acara tersebut.

Selain ribuan karyawan dari berbagai perusahaan di bawah naungan OSO Grup, acara tersebut juga dihadiri para tamu undangan dan keluarga besar OSO. Selain Presiden Director OSO Group, Raja Sapta Ervian, tampak hadir putra OSO lainnya Raja Sapta Oktohari, dan putrinya, Putri Selaras Oesman.

Baca juga : Paus Mau ke Indonesia, Romo Benny: Momentum Tunjukkan Pancasila Mampu Satukan Perbedaan

Sementara, Raja Sapta Aji, tengah berada di luar negeri. Hadir pula Serviati Oesman yang merupakan istri OSO.

Dalam sambutannya, Presiden Director OSO Group, Raja Sapta Erv an, mengungkapkan, dirinya diberikan dua amanat besar dari sang ayah dalam memimpin perusahaan tersebut.

“Terima kasih Bapak Dr Oesman Sapta atas kepercayaan dan amanat kepada kami. Ada dua tugas yang diberikan kepada kami. Pertama, besarkan perusahaan. Kedua, sejahterakan karyawan. Insya Allah kita bisa bersama-sama menjaga amanah ini,” ujar Ervian disambut tepuk tangan ribuan karyawan dan undangan.

Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan yang terus mengalir dari ayah, ibu, istri, dan saudara saudaranya, maupun para komsiaris, dan direksi, general manager, serta seluruh karyawan OSO Group.

“Ke depan, kita harus bekerja lebih keras. Kami memohon doa restu dari chairman, semoga kami mengemban tugas dengan sukses seperti yang dicita-citakan. OSO Grup bisa lebih besar dan membawa banyak manfaat,” tandasnya. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.