Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wisuda Digelar Virtual

Institut Ilmu Al-Quran Jakarta (IIQ), Luluskan 381 Wisudawan

Sabtu, 11 September 2021 11:06 WIB
Acara Wisuda Institut Ilmu Alquran (IIQ) digelar secara daring dan luring yang dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Rektor IIQ Jakarta Dr. Nadjematul Faizah (kiri), (Sabtu, 11/9/2021).
Acara Wisuda Institut Ilmu Alquran (IIQ) digelar secara daring dan luring yang dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Rektor IIQ Jakarta Dr. Nadjematul Faizah (kiri), (Sabtu, 11/9/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta menggelar wisuda sarjana ke-22, wisuda pascasarjana ke-15. Dan, wisuda program doktor ke-1 tahun akademik 2020/2021. 

Acara digelar secara daring dan luring yang dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Rektor IIQ Jakarta Dr. Nadjematul Faizah, (Sabtu, 11/9/2021).

Nadjematul Faizah mengatakan, upacara wisuda ini sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Dies Natalis IIQ yang ke-44. 

Disebutkan, total wisudawan-wisudawati yang berhasil menyelesaikan pendidikannya berjumlah 381 orang. 

Masing-masing mahasiswa tersebut merupakan lulusan dari 3 Fakultas tingkat sarjana dan pascasarjana.

Baca juga : Hari Ini, Semua Wilayah Jakarta Cerah Berawan

"IIQ Jakarta siap dan berkomitmen meningkatkan peran kaum perempuan melalui pendidikan Al-Qur’an yang moderat, ramah dan humanis," katanya.

Menurutnya, IIQ Jakarta memiliki peran penting dalam upaya mencetak sarjana perempuan yang menghafal Al-Qur’an. Menyebarkan risalah Islam rahmatan lil’alamin, serta menghasilkan lulusan dengan kepedulian sosial yang tinggi. 

Ditegaskan, IIQ Jakarta juga akan selalu siap dan terus berkomitmen menjadi mitra Pemerintah (khususnya Kementerian Agama) untuk meningkatkan peran kaum perempuan melalui pendidikan Al-Qur’an yang moderat, ramah dan humanis. 

Hal tersebut kata dia, digambarkan dalam tema wisuda tahun ini Peran Perempuan dalam Pengarusutamaan Moderasi & Gerakan Filantropi di Era Pandemi.

Lebih lanjut, Nadjematul Faizah menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi. Pesan yang menggugah semangat para wisudawan juga disematkan dalam pidatonya.

Baca juga : Digelar Virtual, PSSI dan LIB Resmi Luncurkan Logo Kompetisi Liga 1

“Semoga ilmu yang didapat selama studi di kampus ini menjadi bekal berharga dalam meniti kehidupan yang lebih baik. Terutama kaitannya dengan upaya pengembangan kajian keislaman berbasis Al-Qur’an,” katanya.

Ia berharap, semua pihak baik yang berada di kampus atau sudah keluar dari kampus untuk selalu menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lil’alamin.

Dan, memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta dapat mengetengahkan moderasi beragama. Pada kesempatan ini, Pjs Rektor IIQ Jakarta juga menyampaikan perkembangan IIQ dan animo masyarakat kepada IIQ yang kian meningkat.

Sampai Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 ini, ungkap Rektor, total mahasiswa aktif IIQ berjumlah 2386 orang. 

Selain itu, jalinan kerjasama IIQ dengan beberapa Institusi, Pemerintah, Baznas, maupun perguruan tinggi juga terus dilakukan.

Baca juga : Digelar Virtual, Pelantikan Gibran Dan Teguh Dilaksanakan 26 Februari

Ketua Yayasan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, Ir. Rully Chairul Azwar, dalam pidatonya menghaturkan rasa bangganya kepada para wisudawan IIQ Jakarta. Menurutnya, masyarakat akan selalu memerlukan sarjana IIQ Jakarta di manapun mereka berada. 

Rully kemudian mengutip sebuah filosofi dari Prof. Ibrahim Hosen, “Dengan Al-Qur’an, mencerdaskan, dan meninggikan derajat perempuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.