Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pra Popnas Zona 1: Sumbar Juara Umum, Emas Sepakbola Direbut Aceh

Selasa, 29 November 2022 19:19 WIB
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI Raden Isnanta saat memberikan medali kepada para atlet Pra Popnas Zona 1 DKI. (Foto : ist)
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI Raden Isnanta saat memberikan medali kepada para atlet Pra Popnas Zona 1 DKI. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Sumatera Barat dipastikan menjadi juara umum pada Pra Pekan Olahraga Nasional (Popnas) zona I di Jakarta 2022 yang berlangsung 24 - 30 November 2022.

Sumatera Barat (Sumbar) menjadi juara usai meraih 13 medali emas, 8 perak dan 4 perunggu dengan total 25 medali dari tiga cabang olahraga yang diikuti yakni sepakbola, Pencak Silat dan tinju.

Pelajar dari Provinsi Riau menempati posisi kedua terbanyak meraih medali dengan total 24 medali. Rinciannya, 9 medali emas, 10 perak dan 5 perunggu.

Sumetara Utara di peringkat ketiga dengan 8 medali emas, 4 perak dan 12 perunggu. Kontingen pelajar Kepulauan Kepri di peringkat ke-4 dengan 12 medali dengan rincian, 4 emas, 5 perak dan 3 perunggu.

Jambi di posisi kelima dengan 3 medali emas, 9 perak dan 3 perunggu dengan total 17 medali. Sementara Aceh di posisi ke-6 dengan raihan 3 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Baca juga : Pra Popnas Zona 1: Tim Sepakbola Aceh Raih Emas, Sumut Bawa Perunggu

Khusus cabor sepakbola, Tim sepak bola Aceh yang berhasil meraih medali emas usai tampil sebagai juara Pra Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) zona I tahun 2022 di Jakarta.

Di partai puncak, tim pelajar Aceh ini berhasill membekuk tim Sumatera Barat dengan skor 3-1.

Partai final antara Aceh versus Sumber berlangsung di Stadion Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, Selasa (29/11/2022 pagi.

Sementara Tim Sumatera Utara memastikan membawa pulang medali perunggu cabang olahraga sepak bola Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas ) zona I.

Medali perunggu tersebut diraih setelah mengalahkan lawannya Riau dengan skor meyakinkan 3-0 di tempat yang sama.

Baca juga : Pra Popnas Zona 1: Besok, Tim Sepakbola Aceh Dan Sumbar Ketemu Di Final

Pra Popnas merupakan kualifikasi terakhir dari empat rangkaian untuk para peserta sebelum tampil di Popnas 2023 yang akan digelar di Sumatera Selatan. Pra-Popnas Zona I yang diikuti oleh enam provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat. 

Lebih dari 400 peserta yang terdiri dari atlet, pelatih, dan rombongan kontingen ikut serta di kegiatan ini. Rinciannya, Aceh 60 orang, Sumbar 77, Riau 76, Kepulauan Riau 71, Sumatera Utara 60, dan Jambi 70 orang.

"Pra-Popnas juga menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit atlet muda dari setiap daerah. Bagi pelajar yang memenuhi penilaian berpeluang mewakili Indonesia dalam Asean Schools Games dan Youth Olympic," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI Raden Isnanta di Jakarta memberi sambutan pada pembukaan Pra Popnas.

Dia juga mengimbau agar Dinas Pemuda dan Olahraga seluruh provinsi melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet pelajar tersebut. Mengingat para atlet pelajar inilah yang menjadi masa depan olahraga Indonesia.

“Adik-adik ini dilakukan pembinaan agar terpacu dan berprestasi di pentas Asia dan dunia,” pungkas Raden.

Baca juga : Pra Popnas: Tim Sepakbola Sumut Atasi Jambi, Pencak Silat Raih Emas

Isnanta juga menjelaskan, tujuan dilaksanakannya prapopnas ialah untuk efisiensi waktu dalam pelaksanaan Popnas 2023. Dengan adanya kualifikasi pada tahun ini, diharapkan waktu kompetisi pada acara utama tidak terlalu panjang sehingga tidak mengurangi kualitasi pertandingan.

"Peserta dari cabang olahraga yang dilombakan ini sangat banyak, makanya dilakukan kualifikasi agar nanti lebih efisien. Tiga zona lainnya sudah terlebih dulu dilaksanakan, ini yang terakhir zona satu," Isnanta menjelaskan.

   

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.