BREAKING NEWS
 

Berdayakan Lansia Tanjung Palas, Pertamina RU II Dumai Luncurkan Program Pelatihan Olahan Aneka Buah

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 2 Juli 2019 19:43 WIB
Foto: Humas Pertamina RU II Dumai

RM.id  Rakyat Merdeka - Dumai yang merupakan salah satu kota industri di Provinsi Riau, nyaris tak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi, Dumai juga merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia bagi para pengunjung asing, khususnya dari negara Malaysia.

Dumai selalu kedatangan tamu, yang tak jarang membutuhkan oleh-oleh khas setempat, untuk dibawa kembali ke kota dan negara asal sebagai buah tangan.

Peluang bisnis ini ditangkap dengan baik oleh PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai. Setelah mengembangkan kaos khas Dumai bersama kelompok masyarakat Adelis di Keluarahan Jaya Mukti, kini Pertamina RU II Dumai kembali menggandeng kelompok masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas, untuk mengembangkan produk makanan ringan olahan buah-buahan.

Baca juga : Pertamina MOR VII Adakan Donor Darah

Pengenalan sekaligus peluncuran program dilaksanakan di Rumah Singgah Jompo Kelurahan Tanjung Palas, Selasa (2/7).

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan mengatakan, program ini dilaksanakan sebagai wujud program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, khususnya di pilar pemberdayaan masyarakat.

Tahap awal program dijalankan melalui pemberian bantuan mesin pengolahan, dan pelatihan pengolahan makanan ringan dari olahan buah.

Baca juga : Mudahkan Pelanggan Beli dan Ganti Oli, Pertamina Lubricants dan Grab Bersinergi

"Alhamdulillah, hari ini kami berkesempatan menjalankan program pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas. Hal ini menjadi langkah awal yang baik, mengingat saat ini belum ada kelompok binaan masyarakat yang aktif di wilayah ini", ungkap Muslim.

Program ini melibatkan 15 anggota Lansia dan pensiunan, yang bersemangat untuk terus mencari nafkah dan memajukan Kota Dumai, yang kemudian bersama-sama membentuk Kelompok Tani Karya Bersama.

Adsense

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan yang ada di Kota Dumai, khususnya dari kalangan lansia dan pensiunan.

Baca juga : PT Pertamina Gas Kal Berikan Bantuan Pada Kelompok Tani Rahmat Bersama

Selain memberikan bantuan berupa mesin pengolahan, pada momen ini Pertamina RU II juga mengundang pembicara dari Kelompok Binaan Pertamina RU II, yang sebelumnya telah berhasil mengembangkan program serupa di wilayah Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis. Yakni, Kelompok Tani Tunas Makmur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense