BREAKING NEWS
 

Dari Gangnam Awali Festival Indonesia 2022

KBRI Seoul, Iwan Tirta Dan Kim Seo Ryong Gelar Kolab Apik

Reporter : MELLANI EKA MAHAYANA
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Jumat, 19 Agustus 2022 07:05 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto (tengah) didampingi istri, Susi A Sulistiyanto (kedua kanan), Kim Seo Ryong (kedua kiri), CEO PT Iwan Tirta, pemilik label Iwan Tirta Private Collection, Widiyana Sudirman (kanan) dan Minister Counsellor Ekonomi & Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik, Dr Joannes E. Tandjung (kiri). (Foto: Dok. KBRI Seoul)

 Sebelumnya 
Sementara CEO PT Iwan Tirta, pemilik label Iwan Tirta Private Collection, Widiyana Sudirman mengaku mendapat kehormatan, ketika motif batik Iwan Tirta di­apresiasi begitu tinggi oleh Kim Seo Ryong, desainer bereputasi di Korea Selatan. Koleksi yang didesain Kim Seo Ryong kali ini, ujarnya, menjadi sebuah penca­paian baru, di mana batik dapat menarik perhatian kalangan ber­gengsi di pasar internasional.

“Mimpi kami berkolaborasi dengan rumah mode ternama Ko­rea menjadi kenyataan yang indah. Kami menghaturkan terima kasih kepada Dubes Gandi Sulistiyanto dan jajaran KBRI Seoul, yang sedari awal mendukung diplomasi Batik,” ucap Widiyana.

Baca juga : KBRI Seoul, Iwan Tirta & Kim Seo Ryong Gelar Kolab Apik

Sedangkan Anggota Komisi I DPR, yang menangani Hubungan Luar Negeri, Dave AF Laksono menekankan, bahwa pelaksanaan diplomasi tidak lepas dari budaya. Dia pun menyambut baik inisiatif KBRI Seoul, di bawah pimpinan Dubes Gandi Sulistiyanto, untuk mengedepankan para pelaku ekonomi kreatif kedua negara.

“Diharapkan, kolaborasi ini tidak bersifat one time off, me­lainkan secara berkelanjutan, dimana pelaku industri busana kedua negara dapat terus kre­atif bekerja sama,” ujar politisi Golkar ini.

Baca juga : Putri DKI Sabet Emas Renang Astistik Beregu

Dukungan juga ditunjukkan oleh pihak Summarecon melalui JF3 yang diwakili Soegianto Nagaria, Chairman JF3. Dukungan terhadap kolaborasi budaya ini juga akan menjadi pengantar pelaksanaan JF3 Fashion Festi­val, yang tahun ini akan kembali digelar pada 1-11 September 2022 di Summarecon Mall Kelapa Ga­ding. Selain itu ada pula iStyle, Bank Sinarmas, iForte Solusi Infotek, iD Express dan Gan Kon­sulindo yang juga mendukung kolaborasi antar dua negara ini.

Peluncuran koleksi kolaborasi ini dilakukan secara live stream­ing dari kedua negara, dari Rumah Batik Iwan Tirta di Jakarta dan dari rumah mode Kim Seo Ry­ong di kawasan high-end fashion Gangnam, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan setempat.

Baca juga : Hari Ketiga, DKI Dan Jatim Rebut Medali Cabor Renang

Di samping Dubes Gandi Sulistiyanto dan istri, turut hadir Widiyana Sudirman, Kim Seo Ryong, serta Minister Counsellor Ekonomi & Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik, Dr Joannes E. Tandjung. Selain itu, juga hadir secara daring para pemuka industri mode dan editor fashion dari kedua negara.

CEO PT Iwan Tirta, pemilik label Iwan Tirta Collection Widiyana Sudirman (kanan) ngobrol dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto (tengah) didampingi istri Susi A Sulistiyanto (kiri) diantara koleksi kolaborasi ITPC-KSR. (Foto: Dok. KBRI Seoul) 

Ekonomi kreatif merupakan salah satu isu yang ditangani secara mendalam oleh KBRI Seoul. Hal ini dilakukan sejalan dengan inisiatif Indonesia seba­gai tuan rumah World Confer­ence on Creative Economy pada 5-7 Oktober 2022 dan menjelang Peringatan 50 Tahun hubungan bilateral Indonesia-Korsel pada 2023. [RUS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense