BREAKING NEWS
 

PT KAI Commuter Ubah Rute Operasional

Pengumuman, Pengguna KRL Stasiun Manggarai Kini Lewat Pintu Barat

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Rabu, 25 Mei 2022 21:35 WIB
Pintu barat stasiun Manggarai. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT KAI Commuter mengubah rute operasional di Stasiun Manggarai mulai 28 Mei. Aktivitas KRL berada pada jalur 6-13, atau tepatnya di gedung bangunan baru Stasiun Manggarai.

Gedung baru itu terletak di sisi barat Stasiun Manggarai atau tepatnya di dekat Stasiun Bandara Manggarai. Jalur 6 dan 7 yang berada di lantai dasar digunakan untuk KRL Lintas Bekasi/Cikarang dan jalur 10-13 yang berada di lantai 3 untuk jalur Jakarta-Bogor.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyarankan, bagi masyarakat yang melalui Stasiun Manggarai, lebih baik masuk lewat pintu barat atau mudahnya pintu akses masuk dekat Stasiun Bandara Manggarai.

Baca juga : Ade Yasin Ngumpulin Uang Dari Anak Buahnya

"Kami melakukan edukasi supaya masuk ke pintu yang di dekat Stasiun Kereta Bandara. Itu sudah nyaman sekali," ujar Anne dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Pintu timur atau tepatnya di bangunan lama Stasiun Manggarai tidak ditutup. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus mengatakan penumpang dari pintu timur akan diarahkan untuk melakukan penyeberangan rel menuju jalur 6 dan 7. Kemungkinan penyeberangan akan dilakukan di ujung-ujung sisi Stasiun Manggarai.

Adsense

"Terkait dengan pintu Timur memang masih kami buka sehingga penumpang dari pintu timur pasti akan mengalami crossing untuk menuju ke jalur 6-7. Kami upayakan untuk crossing-nya nanti kami akan pusatkan di ujung-ujung dan nanti akan dipandu oleh petugas dari PT KAI," kata Rode.

Baca juga : TMII Diserbu Ribuan Pengunjung, Pengelola Terapkan Sistem Buka Tutup Di Pintu Masuk

Perubahan rute KRL Commuter Line dilakukan sejalan dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line terbaru yang akan berlaku 28 Mei.

Rute KRL Bogor-Jatinegara bakal dihapus. Dengan begitu, KRL dari Stasiun Bogor hanya akan memiliki rute Bogor-Jakarta Kota.

Maka dari itu, para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Namun, jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Baca juga : Pakai Pet Merah Petugas Kereta, Ganjar Lepas 300 Pemudik Tujuan Jateng Dari Stasiun Pasar Senen

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi pun akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Nah bagi penumpang yang mau ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai. Kemudian berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota.

Adapun perubahan rute dilakukan untuk memberikan ruang pengembangan Stasiun Manggarai di sisi bagian timur. Pengembangan dilakukan dalam rangka menjadikan Stasiun Manggarai hub atau stasiun sentral di Jakarta. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense