BREAKING NEWS
 

DPRD Dorong Pemprov DKI Manfaatkan Lahan Tidur

Warga Jakarta Butuh Ruang Terbuka Hijau

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Minggu, 5 Maret 2023 07:30 WIB
Sejumlah anak bermain di Taman Hutan Kota Ranggon Wijaya Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/3/2023). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong upaya penghijauan di seluruh wilayah, diantaranya melalui pemanfaatan wilayah yang kurang terawat dan menjadikannya sebagai ruang terbuka hijau (RTH). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc).

 Sebelumnya 
Gencar Tata Kawasan

Dalam tiga bulan terakhir, Pj Gubernur Heru gencar menata kawasan. Terutama lahan tak terawat atau terbengkalai.

”Dalam kurun tiga bulan sudah menata 238 lokasi ta­man. Kami akan terus mena­nam pohon dan penghijauan di lokasi-lokasi yang memang milik Pemerintah,” kata Heru usai penanaman pohon di lokasi pembangunan Taman Sensori Kamal, Kalideres, Jakarta Barat.

Heru menyebut, penanaman di lahan seluas 9.476 meter persegi itu dalam rangka penataan ka­wasan di wilayah Jakarta Barat. Di situ juga akan dibangun RTH untuk olahraga dan interaksi warga sekitar.

Baca juga : PPP Jabar Buka Ruang Pertarungan Dengan RK

“Saya titip untuk bisa dirawat lokasi yang akan dibangun ber­sama ini,” ujarnya.

Heru menjelaskan, lahan tersebut berada di lokasi per­mukiman padat penduduk, se­hingga cocok dijadikan RTH. Ditegetkan, RTH Taman Sensori Kamal selesai dibangun empat bulan ke depan.

“Saya minta ada penampun­gan air. Kemudian didukung dengan revitalisasi saluran air di Kelurahan Kamal,” kata Heru.

Untuk diketahui, RTH Taman Tegal Alur akan dikembangkan menjadi taman dengan fungsi‐fungsi sebagai taman sensori, taman bermain anak, taman olahraga, taman budaya dan ruang terbuka hijau dan biru.

Baca juga : ASDP Dukung Program Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Pekerja BUMN

Kepala Distamhut DKI Jakarta Bayu Meghantara mengatakan, Taman Sensori merupakan ta­man yang memiliki fungsi untuk menstimulus kelima panca in­dera manusia agar dapat bekerja lebih peka.

Bayu menjelaskan, Taman Sensori dapat menyediakan berbagai manfaat seperti pem­belajaran, sosialisasi, penyem­buhan dan penyegaran. Selain itu, dapat digunakan sebagai tempat terapi sensori integrasi untuk anak‐anak autis.

Taman Sensori akan dileng­kapi dengan Fasilitas Children Playground (CPG), lapangan olahraga dan fasilitas untuk acara‐acara warga.

“Konsep taman sensori dipilih dikarenakan konsep taman ini belum banyak terdapat di taman‐taman Jakarta,” ujarnya.

Baca juga : Warga Keluhkan Tempat Parkir Kendaraan Minim

Pembangunan Taman Sensori Kamal di Jalan Pandawa, RT 08/02, Kamal, Cengkareng, Jakarta Barat, disambut baik warga.

Ketua RW 02 Kamal Ahmad Imam Bakhori mengatakan, warga mengucapkan terima kasih atas kedatangan langsung Pj Gubernur Heru.

Ahmad bilang, sebelumnya di lokasi tersebut ditempati pulu­han bangunan liar yang dijadikan garasi mobil, pos, bengkel dan lain sebagainya.

“Warga juga berharap saluran air di pinggir Tol Sedyatmo segera ditangani serta membuat taman di sekitar lokasi,” tandas­nya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense