BREAKING NEWS
 

Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Sore Ini, 3 Gempa Goyang Mentawai

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 2 Februari 2019 17:37 WIB
Peta lokasi gempa di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pukul 16.00 WIB, Sabtu (2/2), Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diguncang gempa sebanyak 3 kali. Gempa terakhir terjadi pada pukul 16.58 WIB dengan magnitudo 5,2.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 2.88 LS,99.96 BT, yang berkedalaman 24 km. Jaraknya 105 km arah Tenggara Kepulauan Mentawai.

Adsense

Baca juga : Kepulauan Mentawai Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Dua gempa sebelumnya terjadi pada pukul 16.27 WIB dengan magnitudo 6, 16.03 WIB magnitudo 5,3.

Dalam gempa kedua sore ini yang bermagnitudo 6, gempa dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV di Padang, Pariaman, Painan. Sedangkan skala MMI II-III dirasakan di Padang Panjang, Bukittinggi, dan Solok.

Baca juga : Jayapura Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

"Gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (2/2).

Sutopo menambahkan, hingga kini, pihaknya  belum menerima laporan  kerusakan mengenai dampak gempa tersebut. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendataan," ujarnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense