BREAKING NEWS
 

Berinteraksi Langsung Dengan Pembeli

Pedagang Pasar Ngebet Ingin Divaksin Covid-19

Reporter & Editor :
APRIANTO
Minggu, 21 Februari 2021 06:00 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). (Foto: Hires/Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pedagang pasar seluruh Indonesia berharap bisa segera mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sebab, mereka merasa rentan tertular virus Corona, karena berinteraksi langsung dengan pembeli.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Reynaldi Sarijowan mengatakan, Pihaknya bersedia membantu mendata dan menjembatani komunikasi dengan para pedagang pasar agar vaksinasi berjalan lancar. Menurutnya, selama ini, sosialisasi dan komunikasi dari pemerintah kepada pedagang pasar masih belum optimal.

“Datanya harus valid. Kudu betul-betul pedagang pasar yang berdagang, yang divaksin. Jangan sampai salah orang,” ungkap Reynaldi, dalam keterangannya, Sabtu (20/2).

Baca juga : Sandiaga Ingin Pelaku Pariwisata Dan Ekraf Diprioritaskan Vaksin

Tak hanya pedagang, lanjutnya, pekerja lain yang beraktivitas di pasar juga harus mendapat prioritas vaksinasi, seperti kuli panggul. Sehingga, terbentuk imunitas kelompok.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Muhammad Ikhsan Ingratubun melihat, vaksinasi yang dilakukan terhadap pedagang pasar belum menyentuh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), secara menyeluruh.

“Ada sekitar 60 jutaan pelaku usaha UMKM, dan rata-rata pedagang pasar dan pedagang lain-lainnya,” katanya.

Baca juga : Kunjungi Tanah Abang, Presiden Ingatkan Semua Pelayan Publik Harus Divaksin Covid-19

Dia menjelaskan, pelaku usaha yang berinteraksi dengan pembeli, tidak hanya pedagang pasar, tetapi juga banyak pedagang lain seperti warung kelontong.

Program vaksinasi Covid-19 sudah masuk tahap kedua Covid-19. Tahap pertama vaksinasi dilakukan terhadap tenaga kesehatan. Vaksinasi tahap dua menyasar petugas publik. Salah satunya, pedagang pasar.

Vaksinasi pedagang mulai dilakukan pada Rabu (17/02), terhadap pedagang Pasar Tanah Abang. Pada hari itu, ada 1.500 hingga 2.000 menerima vaksinasi.

Baca juga : Menko Perekonomian Apresiasi Dukungan TNI Dalam Penanganan Covid-19

Berdasarkan pantauan, proses vaksinasi berjalan aman dan lancar. Vaksinasi berlangsung di teras Masjid Pasar Tanah Abang di lantai 12. Dan, di foodcourt, di lantai 8.

Proses vaksinasi dimulai dengan melakukan pendataan, kemudian vaksinasi. Setelah itu, pedagang disuruh masuk ruang observasi selama 10 menit, untuk melihat reaksi vaksin.

Adsense

“Sakit sedikit pas disuntik. Habis itu disuruh ke ruangan nunggu reaksi. Aman dan lancar sejauh ini,” akun Hendri, di ruang observasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense