BREAKING NEWS
 

Mulai Keliling Bos Parpol

Ketua MPR Safari Politik Nih

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Minggu, 3 Juli 2022 06:40 WIB
Ketua MPR, Bambang Soesatyo Silaturahmi dengan Pengurus Pusat Partai Nasdem. (Foto : Dok. MPR).

 Sebelumnya 
Membahas apa Pak? Politisi Golkar ini menyampaikan, kunjungan ini sebagai silaturahmi kebangsaan yang sempat tertunda karena pandemi. Kata dia, setelah menemui PPP dan NasDem, pimpinan MPR akan berkunjung ke seluruh partai politik. Rencananya minggu depan akan bertemu dengan PAN.

Lalu apa hasilnya? Kata dia, ada beberapa masukan yang diterima MPR. Dalam pertemuan ini, NasDem mengusulkan penambahan unsur MPR dari Utusan Golongan. Sejak amandemen keempat, keanggotaan MPR terdiri dari anggota DPR sebagai representasi partai politik, dan anggota DPD sebagai representasi kepentingan daerah. Sedangkan Utusan Golongan dihapuskan.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro 24 Juni, Cek Di Sini Lokasinya

Tak hanya itu, lanjut Bamsoet, dalam pertemuan itu Paloh juga mengusulkan agar MPR mengundang calon presiden untuk menyampaikan visi dan misinya, serta wawasan kebangsaan di Senayan. Atas usulan itu, Bamsoet mengaku akan mempertimbangkan di internal.

Meskipun hanya safari biasa, kunjungan Bamsoet cs ke pimpinan parpol itu, dicurigai ada motip lain. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin mengatakan, safari politik yang dilakukan Bamsoet ini tentu bisa menimbulkan kecurigaan rakyat kalau tidak dikelola hati-hati. Pasalnya, saat ini tahun politik. Semua akan ditarik ke persoalan politik praktis.

Baca juga : Markas NasDem Ramai Didatangi Bos Parpol, Kali Ini Giliran AHY

Agar tak mendatangkan kecurigaan, kata dia, MPR harus berpedoman pada konstitusi. Sehingga yang dibahas adalah benar untuk kepentingan rakyat. Bukan kepentingan politik. Kata dia, safari ini baik saja kalau yang dibawa adalah semangat demokrasi dan kebangsaan. “MPR akan ikut mengawasi para ketum parpol dalam berdemokrasi. Tapi rakyat juga tentu akan mengawasi kiprah MPR,” kata Ujang, saat dikontak, tadi malam. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense