Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Ke-44, Universitas Budi Luhur Perkuat Kerja Sama & Kolaborasi

Rabu, 22 Februari 2023 13:02 WIB
Pembukaan rangkaian acara HUT ke-44 Universitas Budi Luhur (Foto: Dok. UBL)
Pembukaan rangkaian acara HUT ke-44 Universitas Budi Luhur (Foto: Dok. UBL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44, Universitas Budi Luhur (UBL) mengadakan berbagai rangkaian acara mulai 1 Februari hingga puncaknya pada 1 April 2023. Mengambil tema besar “Kreatif dan Kolaboratif”, kegiatan tersebut dihadiri pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, jajaran pimpinan UBL, para dosen, mahasiswa, dan alumni. Rektor UBL Wendi Usino membuka secara resmi dalam kegiatan bertajuk “Satukan Cinta Lewat Aroma”, di Doktorandus Koffie, UBL, Jakarta, Selasa (21/2).

Wendi Usino mengatakan, sejumlah acara telah disiapkan untuk merayakan HUT ke-44 UBL. Mulai dari creative arts contest, kompetisi basket Budi Luhur Cup, pameran pendidikan di JCC, lomba olahraga antarkaryawan, seminar online, seminar karier offline, workshop pengenalan BSBL, hingga junior short diplomatic course.

Baca juga : Universitas Bakrie Jadi PT Terbaik Dan Punya Hubungan Tererat Dengan Sektor Industri

Menurutnya, HUT ke-44 menjadi momen penting memperkuat kolaborasi untuk merangsang tumbuhnya kreativitas mahasiswa. Kolaborasi yang dimaksud tidak hanya dengan masyarakat, tetapi juga dengan pemerintah, mitra industri, antarperguruan tinggi di dalam negeri, juga sejumlah universitas asing.

“Untuk seminar misalnya, kami menghadirkan narasumber dari mitra kami di universitas luar negeri. Narasumber tersebut diharapkan dapat memberikan masukan kepada kami guna mendorong UBL lebih maju dan go global,” terang Wendi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (22/2).

Baca juga : Bupati Pasaman Barat Antusias Kerja Sama Dengan Perpusnas

Salah satu kegiatan go global bersama mitra perguruan tinggi asing yang sedang dipersiapkan adalah program magang di luar negeri. Program ini sekaligus menjadi implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kemendikbudristek.

Wendi mengatakan, tahun lalu, terdapat dua mahasiswa UBL yang ikut dalam program magang MBKM di luar negeri. Untuk tahun ini, UBL akan memberangkatkan 10 mahasiswa guna mengikuti program magang di Belanda yakni Kampus HZ University of Applied Sciences dengan fokus di bidang cyber security dan software engineering.

Baca juga : Teken MoU, Universitas Budi Luhur Siap Kembangkan Potensi di Kabupaten Ngada

Selama magang, ke-10 mahasiswa tersebut nantinya akan memperoleh gaji dari tempat magang, juga dukungan dana dari kampus dan hibah pemerintah. Kegiatan magang akan dilaksanakan selama 1 tahun dan hanya bisa diikuti mahasiswa minimal semester 6.

“Saat ini, kami sedang menyeleksi mahasiswa yang berminat. Rencananya, September 2023 akan diberangkatkan. Untuk tahap awal, program magang difokuskan ke Belanda. Menyusul kemudian ke Turki dan Jerman” pungkas Wendi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.