Dark/Light Mode

Kenang Tragedi 12 Mei, Trisakti Gelar Upacara dan Lomba Karya Seni

Jumat, 12 Mei 2023 23:01 WIB
Rektor Universitas Trisakti Prof Kadarsah Suryadi menabur bunga di tempat tertembaknya salah satu empat pejuang Reformasi, di Kampus A, Universitas Trisakti, Jakarta, Jumat (12/5). (Foto: Dok. Trisakti)
Rektor Universitas Trisakti Prof Kadarsah Suryadi menabur bunga di tempat tertembaknya salah satu empat pejuang Reformasi, di Kampus A, Universitas Trisakti, Jakarta, Jumat (12/5). (Foto: Dok. Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati 25 tahun tragedi 12 Mei 1998, Universitas Trisakti, mulai dari pimpinan civitas akademika, dosen, mahasiswa, perwakilan Sekolah Tinggi Trisakti, Menwa, menyelenggarakan Upacara Bendera untuk menghormati para pahlawan reformasi, di Pelataran Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Jumat (12/5). Hadir pula perwakilan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta di upacara tersebut.

Rektor Universitas Trisakti Prof Kadarsah Suryadi mengatakan, pada 12 Mei 25 tahun lalu telah terjadi kehilangan empat putra terbaik Universitas Trisakti. Peristiwa 12 Mei juga menjadi titik balik untuk keadaan Indonesia yang lebih maju dan lebih baik.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Jumat 12 Mei Hadir Di Plaza Jambu 2

"Makna pertama peringatan 12 Mei ini untuk mengenang lalu memperingati hilangnya empat putra terbaik Universitas Trisakti dan juga empat pejuang reformasi. Kedua, menjadi inspirasi buat kita semua bahwa kita harus tetap berjuang untuk Indonesia yang lebih baik, kita lanjutkan proses reformasi yang berlangsung baik selama ini," ucap Kadarsah.

Sebelum upacara, civitas Trisakti telah melakukan malam gelora. Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan tabur bunga dan napak tilas ke titik jatuhnya korban tragedi yang terdapat di Kampus A Universitas Trisakti.

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Jumat 12 Mei, Cek Disini Lokasinya

Salah satu keluarga korban Tragedi 12 Mei, Awangga, adik almarhum Elang menuturkan, peringatan kejadian 12 Mei masih rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, peringatan semakin meriah dengan adanya pameran karya seni, meskipun secara hukum kejadian tersebut masih belum kongkret.

"Sekarang ini mahasiswa kurang vokal, dengan kejadian ini harusnya semangat perjuangan harus tetap berkobar untuk mengkritik siapa pun rezimnya. Hal ini untuk Indonesia yang lebih keren lagi," ucap Awangga, yang juga Alumni Universitas Trisakti.
 
Dalam mengenang 25 Tahun Peristiwa 12 Mei 1998, Universitas Trisakti menggelar pameran Karya Lomba dan Koleksi Foto Museum dengan menampilkan 25 karya lomba terpilih dari 105 karya desain ilustrasi dan poster. Para peserta lomba berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Lomba terbuka bagi siswa-siswa SMA serta masyarakat umum.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 12 Mei, Cek Di Sini Lokasinya

Pameran berlangsung pada 12-15 Mei 2023. Para pemenang lomba nantinya akan mendapatkan hadiah uang tunai yang dipersembahkan Universitas Trisakti dan Ikatan Alumni Trisakti. Bagi para siswa SMA pemenang lomba poster akan mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di FSRD Usakti dan Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.