Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang KTT G20

Hore, Penumpang Ke Bali Naik 123 Persen

Kamis, 29 September 2022 06:35 WIB
Bandara Ngurah Rai Bali. (Foto: Istimewa).
Bandara Ngurah Rai Bali. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali yang akan dimulai pada 15-16 November 2022 berdampak pada membludaknya jumlah pengunjung ke Pulau Dewata. Ini terlihat dari ludesnya tiket pesawat menjelang penyelenggaraan G20.

Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan me­minta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambah ketersediaan pener­bangan ke Bali.

“Booking pesawat sangat tinggi. Orang yang booking untuk G20 tidak dapat tempat lagi. Saya ingatkan Menhub, ba­gaimana caranya supaya booking pesawat connecting dari Singapura atau dari manapun masuk ke Bali bisa ditambah,” ujar Luhut di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Tegas Tangkap Koruptor, Warga Kota Bogor Minta Firli Maju jadi Calon Presiden

Eks Menko Polhukam ini mendapatkan laporan soal kenaikan penumpang pesawat menuju ke Bali lebih dari 123 persen. “Angka ini saya pikir sangat besar, booking pesawat sangat tinggi,” katanya.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin bakal mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai interna­sional, seiring dengan tingginya permintaan tiket jelang G20.

Isnin mengatakan, tak hanya membuka dan mempercepat penerbangan tambahan oleh maskapai internasional, Kemen­hub juga mendorong maskapai nasional memanfaatkan mo­mentum G20 untuk menggenjot penumpang.

Berita Terkait : Jelang KTT G20, Menlu Retno Gencar Lobi Banyak Negara

Apalagi, proses persetujuan penerbangan tambahan juga bisa dilakukan cepat.

Dari aspek penerbangan, Ke­menhub juga memberikan du­kungan proses penyambutan dan protokoler di bandara, tanpa mengabaikan proses kontrol sesuai ketentuan.

“Beberapa bandara sekitar Bali juga disiapkan untuk pesa­wat tamu yang perlu inap. Rute internasional kami tawarkan sesuai agreement dan kami dukung realisasinya,” ujar Isnin.

Berita Terkait : BNI Dorong Ekspor Go Global Lewat Penguatan UMKM Naik Kelas Ber-NIB

Selain itu, Kemenhub juga akan mendukung kelancaran dan keberhasilan beberapa acara sampingan atau side event menuju G20.
 Selanjutnya