Dark/Light Mode

Humpuss Berkontribusi Besar Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

Jumat, 9 Desember 2022 17:11 WIB
Kapal sewa milik PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI). (Foto: Ilustrasi/Istimewa)
Kapal sewa milik PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI). (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi serta ekosistem kepelabuhan dan kemaritiman, PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) ikut berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

HUMI mewujudkan hal tersebut melalui berbagai hal diantaranya, perseroan saat ini aktif memberikan informasi dan pengetahuan seputar industri kemaritiman melalui Youtube.

Saat ini HUMI menjadi pengelola dari akun Youtube bernama Lighthouse Seafarer Network. Kanal tersebut memberikan beragam informasi menarik seputar industri kemaritiman yang disajikan secara kekinian dalam format wawancara podcast.

Baca juga : Di Forum PBB, Menteri Siti Sampaikan Langkah Indonesia Kelola Air Tanah

Tidak hanya itu, HUMI saat ini aktif menjalankan deretan bisnis pada industri perkapalan. Hingga saat ini, HUMI tercatat memiliki sebanyak enam segmen usaha yang bergerak pada berbagai lini penting untuk memajukan industri kemaritiman Tanah Air.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat menuturkan, keenam segmen itu meliputi distribusi dan infrastruktur LNG, transportasi minyak, transportasi kimia, layanan aktivitas pelabuhan seperti pandu dan tunda kapal, penyediaan awak kapal, serta pendidikan maritim.

Seluruh segmen usaha itu dijalankan HUMI melalui berbagai anak usahanya. Menurut Tirta, seluruh segmen usaha tersebut pun masing-masing memiliki kontribusi untuk kemajuan industri maritim nasional yang berpotensi meningkatkan sumber pendapatan bagi negara.

Baca juga : Top! Gema Goeyardi Jadi Orang Indonesia Pertama Di Forbes Finance Council

"Melalui segmen bisnis yang dijalankan mulai dari kebutuhan jasa sewa kapal, jasa shipping management hingga ketersediaan awak kapal termasuk pengembangan awak melalui pusat pelatihan awak kapal," katanya dalam keterangan resminya, Jumat (9/12).

Tirta menjelaskan, upaya Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia membuat peluang bisnis pada sektor kemaritiman terbuka lebar.

HUMI, kata Tirta, akan fokus pada strategi peningkatan aset, pendapatan, sekaligus profit, dengan target pertumbuhan bisnis sebesar 20 persen setiap tahun.

Baca juga : Promosikan Pendidikan Kanada Di Unhas

Tak pelak, kehadiran HUMI di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Melalui tata kelola perusahaan yang baik, HUMI berkomitmen terus menciptakan manfaat positif bagi para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem Perseroan.

"Melalui proses review berkala, kami memastikan setiap kegiatan operasional anak usaha Perseroan berjalan sesuai dengan rencana strategis Perusahaan yang diterjemahkan antara lain dalam target tahunan," jelas Tirta. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.