Dark/Light Mode

Libur Natal, 1.173.799 Kendaraan Melintas di Ruas Tol Tangerang–Merak

Senin, 26 Desember 2022 23:37 WIB
Lintas Tol Tangerang-Merak hadapi Natal Dan Tahun Baru 2023
Lintas Tol Tangerang-Merak hadapi Natal Dan Tahun Baru 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Astra Tol Tangerang-Merak mencatat 1.173.799 kendaraan atau rata-rata 167.686 kendaraan per hari melintas di tol Tangerang-Merak selama libur Natal 2022.

Jumlah ini meningkat 4,78% dibandingkan lalu lintas rata-rata tahun 2021 pada periode sama. 

“Selama periode H-6 sampai hari H Natal, trafik tertinggi ada di 21 Desember 2022, yakni 175.211 Kendaraan atau naik 4,09% disbanding tahun 2021, namun angka ini masih sedikit di bawah proyeksi kami,” ujar Kepala Departemen CSR dan Humas ASTRA Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah dalam keterangannya, Senin (26/12).

Baca juga : ASDP: 53.344 Penumpang dan 11.728 Kendaraan Menyeberang Lewat Merak

Uswatun menjelaskan, dominasi tujuan lalu lintas ke arah gerbang tol Merak, Cilegon Timur dan Serang Timur, merupakan campuran antara arus Mudik dan arus Wisata. 

Menjelang Natal situasi lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak cukup kondusif, hal ini menurut Uswatun juga terwujud atas sinergi antar pihak dan kesiapan dari pengguna jalan dalam melakukan perjalanan. 

Beberapa upaya sinergi yang dilakukan di antaranya imbauan bersama pembelian tiket penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Sumatra bersama ASDP dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama atas diskresi Kepolisian untuk mengatur lalu lintas di Gerbang Masuk Cikupa, tempat istirahat (TIP) km 43 dan km 68 arah Merak dalam mengantisipasi antrian dari Pelabuhan Merak ke Ruas Tol Tangerang-Merak. 

Baca juga : Hadapi Nataru, Pertamina Siagakan Tim Satgas di Sumatera Utara

Adapun sebagai upaya untuk menangani kepadatan arus mudik serta liburan, Astra Tol Tangerang Merak melakukan persiapan untuk penangan lalu lintas diantaranya dilakukan upaya-upaya intensif pada layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung.

Pada layanan transaksi Astra Tol Tangerang-Merak memaksimalkan operasional 102 gardu regular yang terdapat pada 10 Gerbang Tol, terdiri atas 43 Gardu Entrance, 53 Gardu Exit dan 6 gardu Ramp. 

Untuk menambah layanan transaksi dioperasionalkan 2 gardu tandem khusus di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit) serta mengoptimalkan 40 mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang, dengan tambahan 18 personil layanan transaksi yang tersebar di Gerbang Tol Cikupa dan Merak. 

Baca juga : Libur Nataru, Menhub Dan Korlantas Waspadai Titik Rawan Banjir Tol Cipali

Penyiagaan personel juga dilakukan untuk layanan konstruksi dan pemeliharaan Jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Disamping itu, Astra Tol Tangerang-Merak juga menyiapkan layanan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan kepada penguna jalan, antara lain Posko kesehatan di Rest Area 68 Arah Merak.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.