Dark/Light Mode

WIKA Sabet 5 Penghargaan Bergengsi Environmental, Social, Dan Governance (ESG) Terbaik 2020

Rabu, 18 November 2020 00:25 WIB
Flyer pengumuman penghargaan bergengsi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terbaik 2020 yang diraih WIKA. (Foto: Istimewa)
Flyer pengumuman penghargaan bergengsi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terbaik 2020 yang diraih WIKA. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [WIKA] berhasil meraih 5 penghargaan bergengsi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terbaik 2020. Penghargaan ini diberikan Berita Satu Media Holding - Bumi Global Karbon Foundation kepada perseroan pada puncak penghargaan ESG Award 2020 yang disiarkan secara langsung melalui Beritasatu.tv, Selasa (17/11) sore.

Pada ajang ini, WIKA mendapatkan penghargaan ESG 2020 kategori Keterbukaan ESG Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Environmental (E) Emiten Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Social (S) Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Governance (G) Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, dan Keterbukaan Governance (G) BUMN Non Bank Terbaik.

Baca juga : PGN Raih Penghargaan Laporan Keberlanjutan 2019 Terbaik

Pada kesempatan yang, entitas anak PT WIKA Beton Tbk. [WTON] juga meraih apresiasi pada ESG 2020 untuk empat kategori. Yaitu Keterbukaan ESG Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, Keterbukaan Environmental Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, Keterbukaan Sosial Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, dan Keterbukaan Governance Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik.

Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holding, Primus Dorimulu, yang menjalankan peran sebagai moderator pada acara tersebut mengatakan, 2020 adalah tahun yang sangat krusial untuk banyak negara dengan adanya ripple effect atau efek riak dari pandemi Covid-19. 

Baca juga : Pertamina MOR IV Catat 38,7 Juta Jam Kerja Aman

Pandemi tidak hanya mempengaruhi aktivitas ekonomi. Tetapi juga mempengaruhi Environmental, Social, Governance (ESG) suatu entitas, yaitu terkait kesehatan dan keselamatan, produktivitas tenaga kerja, pengawasan dewan dan eksekutif, serta gangguan operasional. Bahkan, ripple effect pandemi, juga berdampak pada behavior global, yang menyangkut perubahan pada konsumsi, gangguan rantai pasokan, perubahan dukungan pemerintah, pengembalian investor, pengawasan media, pengurangan polusi, termasuk social distancing.

Untuk memitigasi efek-efek tersebut, salah satu langkah yang dapat dilakukan perusahaan, terang Primus, adalah dengan penilaian pengungkapan faktor ESG dalam Sustainability Report (SR). “Kelebihan dari pengungkapan ESG pada masa pandemi seperti saat ini adalah perusahaan dapat menjadi lebih agile dan unggul dalam menyesuaikan kondisi kerja, memiliki fokus dalam keberlanjutan, dapat bertahan dalam situasi politik, sosial, dan lingkungan yang cepat berubah serta menjadi legasi baru di tengah resesi ekonomi dan turunnya kinerja perusahaan,” jelas Primus, seperti keterangan yang diterima RMco.id, Selasa (17/11).

Baca juga : Ditjen PKH Beri Penghargaan Kepada Satker Implementasi SPIP Terbaik

Metode Penilaian
Berita Satu Media Group sebagai official media partner bekerja sama dengan Bumi Global Karbon, yang merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD) dan Partner Silver dari Carbon Disclosure Project (CDP) melaksanakan penilaian dengan metodologi, analisis 33 faktor ESG berdasarkan faktor ESG pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland. 

Evaluasi terhadap pengungkapan ESG perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan dan langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.