Dark/Light Mode

Hasil Survei April

BI: Konsumen Optimis Dengan Kondisi Ekonomi

Senin, 10 Mei 2021 11:23 WIB
gedung bank Indonesia. (Foto: Ist)
gedung bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -  

Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia pada April 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen yang optimis terhadap kondisi ekonomi.

Baca juga : BUMN Jasa Survei Siap Kolaborasi Untuk Majuan Indonesia Timur

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2021 sebesar 101,5 yang masuk ke zona optimis (indeks >100), meningkat dibandingkan 93,4 pada Maret 2021.

“IKK April 2021 juga merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono, Senin (10/5).

Baca juga : Demokrat Nangkring Di Posisi 2

Menurut Erwin, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang.

Berdasarkan hasil survei, peningkatan optimisme konsumen pada April 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu terhadap aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Baca juga : Jokowi, Prabowo Dan Anies Capres Unggulan 2024

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.