Dark/Light Mode

Gandeng SMF, PNM Hadirkan Program Pembiayaan Perumahaan

Rabu, 6 Oktober 2021 15:18 WIB
Kerja sama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF. (Foto: ist)
Kerja sama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menjalin kolaborasi pilot project dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, dengan menyediakan pembiayaan perumahan bagi segmen non fixed income melalui skema pembiayaan mikro perumahan. 

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, didukung SMF yang memilik tugas membantu pengadaan perumahan masyarakat. Kerja sama dengan SMF sambung Aref, untuk perbaikn rumah, yang bahkan mungkin kepemilikan rumahnya dan pembiayaan produktif dari kami. 

Baca juga : Pemerintah Rilis Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia

"Jadi ini wujud kehadiran negara untuk masyarakat luas, khususnya untuk keluarga praserjahtera dan rentan sejahtera," jelasnya dalam keterangan resminya, Rabu (6/10).

Di kesempatan yang sama, juga dilakukan Rapat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR di Tanjung Mas, Semarang. Kunjungan kerja kali ini membahas monitor dan evaluasi pilot project pembiayaan perumahan Mekaar dalam program HOME. 

Baca juga : Menaker: JHT Adalah Program Jangka Panjang

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifisik Komisi XI DPR Musthofa melakukan dialog bersama salah satu nasabah PNM Siti Nur Zubaedah, pelaku usaha lumpia. Ia memberikan ibu-ibu nasabah apresiasi dan motivasi, untuk terus semangat mengembangkan usahanya dan semakin mensejahterkan keluarganya. 

“Saya awalnya usaha macam-macam. Orang tua jualan nasi, saya ikut jualan nasi. Saya juga jualan gorengan keliling. Alhamdulillah, sekarang saya bisa menjadikan rumah saya sebagai tempat jual oleh-oleh," jelas Zubaedah.

Baca juga : Gandeng KPK dan BPN, PLN Amankan Aset Negara Lebih Dari Rp 2 Triliun

Menurut ibu-ibu nasabah PNM mekaar yang sudah merasakan program HOME, program HOME hasil sinergi SMF dengan PNM ini. Dampaknya sangat dirasakan untuk kemajuan usaha nasabah awal mula tidak memiliki warung yang layak dengan adanya HOME, mereka mampu memiliki warung yang layak.

Sebagai informasi, hingga 1 Oktober 2021 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 91,93 trliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 10,8 juta nasabah. Saat ini, PNM memiliki 3.675 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK (Usaha Mikro Kecil) di 34 provinsi, 443 kabupaten/kota, dan 5.006 kecamatan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.