Dark/Light Mode

Bertambah 1.671, Total Kasus Positif Kini 74.018

Jawa Timur dan DKI Masih Kejar-kejaran

Sabtu, 11 Juli 2020 15:49 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus konfirmasi positif Covid-19 pada hari ini dilaporkan berjumlah 1.671 orang. Sehingga total kasus positif terakumulasi di Tanah Air kini berjumlah 74.018. Jumlah kasus baru itu diperoleh dari pemeriksaan terhadap 23.310 spesimen, yang totalnya kini mencapai 1.038.988.  

Info ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19 Achmad Yurianto dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (11/7).

"Kalau dilihat dari sebarannya, provinsi yang paling banyak mencatat jumlah kasus baru adalah Jawa Timur. Namun, di samping melaporkan 409 kasus baru, Jawa Timur juga mencatat 318 orang sembuh. Disusul kemudian oleh DKI (378 kasus baru, 215 sembuh), Sulawesi Selatan (180 kasus baru, 176 sembuh), Jawa Tengah (100 kasus baru, 50 sembuh), Sumatera Utara (87 kasus baru, 16 sembuh), Kalimantan Selatan (79 kasus baru,75 sembuh), dan Jawa Barat (73 kasus baru, 28 sembuh)," kata Yurianto.

Baca juga : Warga Jakarta Tolong Hati-hati, Hari Ini Ibu Kota Catat Jumlah Kasus Baru Terbanyak

Dalam kesempatan tersebut, Yurianto juga melaporkan ada 6 provinsi yang nihil kasus baru. Yakni Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur. 

Agar jumlah kasus tak semakin bertambah banyak, Yurianto mengimbau masyarakat untuk disiplin menggunakan masker. Sebagai protokol kesehatan yang paling penting dalam pencegahan Covid-19.  

Baca juga : Kasus Baru Masih di Atas 1.000, Angka Sembuh Masih Di Bawah Rata-rata Global

"Dari penelitian yang terus dilaksanakan oleh para ahli, salah satu faktor penyumbang kasus baru terbanyak adalah ketidakdisiplinan menggunakan masker. Ini harus dipatuhi kita semua. Karena kalau tidak, provinsi yang tinggi angka kasusnya, akan semakin sulit kita kendalikan," imbau Yurianto. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.