Dark/Light Mode

Pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung Bakal Dievaluasi

Jumat, 1 Oktober 2021 19:38 WIB
Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa.
Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Manoarfa melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah di wilayah eks-Karesidenan Mataraman bagian selatan guna mengevaluasi rencana pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung.

"Saya dan Pak Bupati tadi bicara tentang jalan tol Kediri-Tulungagung. Rencananya jalan ini mau dievaluasi, ” kata Suharso saat berkunjung ke Kabupaten Tulungagung, dikutip Antara Jumat (1/10).

Ia menyebutkan bahwa ada tiga proyek PSN di daerah ini yang saat ini sedang berjalan, yakni proyek jalur lintas selatan (JLS/Pansela), proyek Selingkar Wilis dan rencana pembangunan jalan tol Tulungagung-Kediri.

Baca juga : Kesiapan SDM Dalam Menyongsong Masa Depan

Menteri dari Partai Kabah ini memastikan pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung sudah masuk daftar PSN tahun 2022 dan segera masuk tahap implementasi. 

Ia juga memastikan pembangunan jalan Selingkar Wilis dan JlS mendapat prioritas pemerintah pusat.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo berharap proyek strategis nasional mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung. “Sehingga apa yang dilaksanakan dinilai suatu keberhasilan," jelasnya.

Baca juga : Cegah Bertambahnya Klaster Baru, Lestari Desak Evaluasi PTM

Disinggung progress dari proyek JLS dan Selingkar Wilis, Maryoto jelaskan saat ini masih berproses.

Untuk JLS sudah mencapai 23 kilometer dari sekitar 50 kilometer yang direncanakan, sedang Selingkar Wilis masih 20 persen.“Target kita tahun 2024 selesai,” katanya.

Baik JLS dan Selingkar Wilis merupakan proyek nasional yang pembiayaannya berasal dari APBN. Sedangkan Pemkab Tulungagung dalam PSN ini hanya membantu atau mendukung dengan melakukan pembangunan jalan sirip.[MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.