Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Siap Jadi Tuan Rumah IPU Ke-144 Di Bali

Kamis, 17 Maret 2022 07:45 WIB
Dubes Rudy Alfonso (kiri) bersama Presiden International InterParliamentary Union, Duarte Pacheco. (Foto KBRI Lisabon)
Dubes Rudy Alfonso (kiri) bersama Presiden International InterParliamentary Union, Duarte Pacheco. (Foto KBRI Lisabon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Portugal, Rudy Alfonso melakukan courtesy call dengan Presiden International Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco di Parlemen Portugal (Assembleia da Republica), Senin (14/3).

Dalam courtesy call itu, Dubes Rudy menyampaikan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Assembly Meeting IPU ke-144 pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali. Dia menyampaikan, Ketua DPR Puan Maharani bahkan hadir di Bali secara langsung demi memastikan kesiapan pelaksanaan pertemuan tersebut.

Baca juga : Bertemu Presiden IPU, Dubes Rudy Bahas Assembly Meeting IPU Ke-144 Di Bali

Menanggapi hal tersebut, Presiden IPU menjelaskan, dia sudah berkomunikasi secara intensif dengan Ketua DPR, dalam rangka persiapan penyelenggaraan event besar ini. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

Menurut keterangan KBRI Lisabon, hingga saat ini, 120 negara atau delegasi mengkonfirmasi hadir. Kemungkinan jumlah ini masih akan bertambah. Dia juga berharap, Amerika Serikat (AS) dapat bergabung menjadi anggota IPU.

Baca juga : AHF Resni Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia Hoki 2022

Selain membahas persiapan dan penyelenggaraan pertemuan IPU Assembly Meeting, Dubes Rudy dan Pacheco juga membicarakan situasi yang terjadi di Ukraina dan harapan agar perdamaian dapat segera terlaksana.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung hubungan bilateral Indonesia dan Portugal. Termasuk keinginan untuk mengaktifkan kembali Group Parlementar de Amizade Portugal-Indonesia (IndonesiaPortugal Friendship Group).

Baca juga : Ketua DPR Pastikan 115 Negara Hadiri IPU Ke-144 Bali

Keduanya menekankan kesamaan antara Portugal dan Indonesia dalam sektor pariwisata. Pacheco menyampaikan, pada masa sebelum pandemi, setiap tahunnya Portugal dikunjungi lebih dari 24 juta orang wisatawan. Angka tersebut dua kali lipat dari penduduk Portugal yang berjumlah lebih dari 10 juta orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.