Dark/Light Mode

Selain Jokowi, 23-24 Mei Presiden Iran Temui Mereka Ini

Senin, 22 Mei 2023 10:55 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Islam Iran, Dr Seyed Ebrahim Raisi
Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Islam Iran, Dr Seyed Ebrahim Raisi

RM.id  Rakyat Merdeka - Atas undangan resmi Presiden Joko Widodo, Presiden Republik Islam Iran, Dr Seyed Ebrahim Raisi, akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada 23 hingga 24 Mei 2023.

Selain bertemu Presiden, Ebrahim Raisi akan bertemu Ketua DPR dan Ketua MPR. Juga turut diagendakan pertemuan dengan para cendekiawan, pemikir, dosen dan mahasiswa serta pelaku usaha di Indonesia. Demikian pernyataan resmi Kedutaan Besar Republik Islam Iran (Kedubes Iran) yang diterima Rakyat Merdeka & RM.id.

Baca juga : Besok, Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi Datang Ke Indonesia

Dalam kunjungan kenegaraan yang persiapannya sudah direncanakan sejak setahun lalu ini, akan ada pertukaran pandangan dan pembicaraan antara delegasi tingkat tinggi kedua negara dan berbagai dokumen kerjasama di berbagai sektor. Antara lain di bidang energi, produk farmasi dan kesehatan, produk makanan, kerjasama kepabeanan, fasilitasi perdagangan bilateral, IPTEK, budaya dan lain-lain akan ditandatangani.

Indonesia, lanjut pernyataan Kedubes Iran, memiliki kapasitas signifikan untuk kerjasama di berbagai bidang. Khususnya saat perubahan sedang melanda sistem perpolitikan internasional.

Baca juga : Soal Data Pertanian, Presiden Kembali Marah

Indonesia juga merupakan negara yang punya posisi istimewa bagi pemerintah Republik Islam Iran. Selain sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, punya kesamaan budaya-peradaban dengan Republik Islam Iran, yang lebih istimewa, juga karena posisi geografis Indonesia yang berada di jantung jalur transportasi dan perdagangan internasional di kawasan Asia Timur dan negara-negara ASEAN.

Lebih jauh pernyataan resmi menyebut, Iran dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat bersejarah. Berbagai catatan sejarah hubungan kedua negara menyatakan, kedua pihak telah berinteraksi bahkan lebih dari 1000 tahun sebelum Islam. Persamaan antara budaya dan peradaban kedua negara merupakan bukti nyata, bersejarahnya hubungan kedua pihak.

Baca juga : Sepakat Dengan Jokowi Soal Capres Cerdas dan Berani, Yusril: Hukum Kita Berantakan

Dalam bidang hubungan diplomatik, kedua negara Republik Islam Iran dan Republik Indonesia menjalin hubungan diplomatiknya sejak 1950. Sejak saat itu hingga kini, hubungan bilateral sangat hangat dan bersahabat. Khususnya dalam beberapa tahun terakhir, kedua negara lebih aktif memperluaskan kerjasamanya di bidang politik, ekonomi, budaya dan lain-lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.