Dark/Light Mode

Pecahkan Rekor MURI

KBRI Seoul Ukir Prestasi Pengajaran Bahasa Indonesia Terbesar Bagi Penutur Asing Di Dunia

Rabu, 27 September 2023 21:25 WIB
Dubes RI di Seoul didampingi istri dan Atase Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi menerima piagam penghargaan MURI dari Pendiri Museum Rekor Jaya Suprana. (Foto: Ist)
Dubes RI di Seoul didampingi istri dan Atase Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi menerima piagam penghargaan MURI dari Pendiri Museum Rekor Jaya Suprana. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI karena menyelenggarakan program pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing secara daring di Perwakilan RI di luar negeri oleh peserta terbanyak. Piagam Penganugerahaan Rekor tersebut diserahkan langsung oleh Pendiri Museum Rekor Jaya Suprana kepada Duta Besar RI Gandi Sulistiyanto di Wisma Duta Besar Indonesia di Seoul, Rabu (27/9).

“Museum Rekor Indonesia menganugerahkan Rekor kepada Duta Besar RI di Seoul," kata  Jaya Suprana dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9).

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan, melalui bahasa, diplomasi dapat semakin efektif dijalankan. Untuk itu, KBRI Seoul tetap menjalankan kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing secara daring sejak tahun 2021, bahkan di masa pandemi.

Baca juga : Luncurkan BTU, Menko PMK: Kuatkan Penanaman Pancasila Sejak Pendidikan Dasar

"Sungguh kami bersyukur dengan apresiasi yang telah disampaikan MURI atas kerja keras seluruh keluarga besar KBRI Seoul,” tutur Gandi Sulistiyanto, Duta Besar RI di Seoul saat menerima piagam penghargaan Rekor MURI.

Atase Pendidikan, Dr Gogot Suharwoto, menyampaikan bahwa sebelum diajukan ke Museum Rekor Indonesia, KBRI Seoul telah menerima surat dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Surat tersebut berisi konfirmasi bahwa tercatat jumlah peserta terbesar telah mengikuti pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing oleh KBRI Seoul secara daring selama dua kali satu tahun.

Baca juga : Bank DKI Sabet Penghargaan The Best Indonesia Sales Marketing

Dalam kesempatan tersebut, telah diselenggarakan konser mini menampilkan musisi Indonesia seperti Michael Anthony (pianis difabel yang telah menerima berbagai penghargaan dan tampil di pentas dunia), Natasha Djong (pianis cilik multi talenta), dan Daniel. Dari Korea Selatan, Profesor Seng Yong Choi telah menampilkan lantunan apik dari biola.

Sebelum acara berakhir, Dubes RI di Seoul menekankan bahwa KBRI Seoul giat mempromosikan seni, budaya dan ekonomi kreatif. Dubes Sulis mengundang seluruh hadirin untuk menghadiri dan meramaikan Festival Indonesia 2023 di Gwanghwamun Plaza, pusat kota Seoul tanggal 28-29 September 2023.

Jaya Suprana dan tim Laskar Indonesia Pusaka, Armonia Choir, Michael Anthony, Natasha Djong, Kelompok Tari Bedhayan akan tampil pada Festival Indonesia tanggal 29 September 2023. Festival Indonesia merupakan salah satu ujud nyata persahabatan yang lebih erat dan kemitraan yang lebih kuat antara Indonesia dan Korea menandai 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara di tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.