Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Pranowo Kian Tancap Gas Entaskan Kemiskinan Di Jateng

Rabu, 4 Januari 2023 19:08 WIB
Ganjar Pranowo Kian Tancap Gas Entaskan Kemiskinan Di Jateng

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan tetap fokus menyelesaikan beberapa program pada 2023, yakni pengentasan kemiskinan, indeksi gini dan williamson, inflasi, serta menjaga integritas.

“Satu, soal kemiskinan dan bagaimana perbaikan datanya agar target itu bisa diselesaikan. Contoh yang bagus itu di Kabupaten Boyolali,” ujar Ganjar, seusai memimpin Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD Tahun 2023, di Kantor Gubernur, Selasa (3/1).

Menurutnya, pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah sebenarnya sudah dilakukan secara maksimal. Ia juga mendorong Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk membuat aplikasi untuk validasi dan verifikasi data.

Baca juga : Utang Baru Didukung Kalau Untuk Kemakmuran Rakyat

“Soal kemiskinan, tadi Pak Wagub sudah keliling sebenarnya, dan meminta Dinsos kita membuat satu aplikasi yang membuat validasi data itu, termasuk verifikasinya. Sehingga tidak tumpang tindih,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, Ganjar juga menekankan perlunya membangun kolaborasi dengan kementerian berkait, kabupaten/kota, hingga desa. Baginya, data sangat penting untuk mengambil langkah solutif.

"Maka konteks kemiskinan empat tingkat itu, kalau melihat desil satu dan dua, kemiskinannya sangat ekstrem. Dan yang tiga dan empat ini kan sebenarnya sebentar lagi dia tidak miskin tapi ada nggak datanya?” ucap Ganjar.

Baca juga : Ganjar Prioritaskan APBD 2023 Jateng Untuk Pangkas Kemiskinan

Berpedoman data yang valid, imbuhnya, akan mempermudah penanganan dan cepat. Untuk data kemiskinan ekstrem telah ditangani secara khusus.

“Sedangkan yang desil tiga dan empat jika ada datanya, kita bisa komunikasi dengan kabupaten/ kota. Rasa-rasanya penanganannya akan lebih cepat,” ungkapnya.

Selain soal kemiskinan, Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga komitmen menuntaskan indeks gini dan williamson.

Baca juga : Relawan Ganjar Berikan Bantuan Mesin Kapal Nelayan Di Karawang

“Kemudian inflasi. Kalau inflasi kan dinamis, maka aplikasi Sehati kita dorong untuk betul-betul di-update terus-menerus. Saya sampaikan agar semakin rapi dalam mengelola,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.