Dark/Light Mode

Seksi 4 Rampung, Jalan Tol Cibitung-Cilincing Tekan Biaya Logistik

Jumat, 31 Maret 2023 20:09 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian, dalam kunjungan lapangan ke Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Jakarta Utara, Jum’at (31/3)
Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian, dalam kunjungan lapangan ke Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Jakarta Utara, Jum’at (31/3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Cibitung-Cilincing, telah rampung. Jalan tol ini akan mendukung sistem logistik nasional menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam waktu dekat, jalan tol sepanjang 34,7 kilometer tersebut, akan difungsikan seluruhnya. Hal ini menyusul tuntasnya pembangunan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing. 

“Pengadaan tanah dan pekerjaan konstruksinya sudah tuntas. Saat ini tinggal fokus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan akhir. Targetnya satu-dua minggu ini Seksi 4 bisa difungsikan,” jelas Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Helson Siagian saat meninjau pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 bersama Sekretariat Kabinet dan Kemenko Marves, Jumat (31/3). 

Baca juga : Hadapi Arus Mudik, Tol Cibitung-Cilincing Segera Beroperasi Fungsional

Helson optimistis, pengoperasian Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan mendukung sistem logistik nasional menjadi lebih efektif dan efisien karena menghubungkan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Kalibaru di Jakarta Utara. 

“Kita berharap tol ini tidak hanya memacu konektivitas, tapi juga menguntungkan para pelaku usaha dan sektor industri. Bagaimanapun penurunan biaya logistik harus menjadi perhatian utama,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, Ari Sunaryono selaku pimpinan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyampaikan, ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Jalan Akses Terminal Kalibaru (New Priok Eastern Access). 

Baca juga : Pengadilan Malaga Putuskan Suami Bayar Tenaga Istri

“Selanjutnya pengelola akan mengembangkan rest area yang terintegrasi dengan hub logistik milik Pelindo,” terangnya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cibitung-Cilincing terdiri dari 4 seksi. Seksi 1, yakni ruas Cibitung-Telaga Asih, Seksi 2, ruas Telaga Asih-Gabus, Seksi 3, ruas Tambelang-Tarumajaya, dan Seksi 4, Tarumajaya-Cilincing. 

Seksi 1, 2, dan 3 sendiri telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 September 2022. Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road-2 (JORR-2). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.