Dark/Light Mode

Gandeng Komunitas Pelaku UMKM

Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Manisan Carica Di Wonosobo

Jumat, 25 Agustus 2023 21:06 WIB
Pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan komunitas perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM untuk mengadakan pelatihan pembuatan manisan carica bagi sekitar 50 warga di Jalan Sindoro Nomor 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah Jateng, Jumat (25/8). (Foto: Ist)
Pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan komunitas perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM untuk mengadakan pelatihan pembuatan manisan carica bagi sekitar 50 warga di Jalan Sindoro Nomor 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah Jateng, Jumat (25/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -  

Sukarelawan Mak Ganjar mendorong para ibu-ibu di beberapa daerah di Indonesia untuk menopang ekonomi keluarga dengan menggelar pelatihan dan program bermanfaat.

Kali ini, pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan komunitas perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengadakan pelatihan pembuatan manisan carica bagi sekitar 50 warga di Jalan Sindoro Nomor 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (25/8).

"Kami Mak Ganjar Jateng mengadakan kolaborasi dengan pengusaha setempat di Kabupaten Wonosobo untuk melakukan pelatihan membuat manisan carica," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jateng Pancawati.

Pancawati mengatakan para peserta diajari cara membuat manisan carica hingga pembuatan packaging dan pemasarannya. 

Menurut dia, Mak Ganjar melihat potensi sumber daya alam Kabupaten Wonosobo, khususnya kawasan Dieng, yang menghasilkan buah carica untuk dijadikan produk manisan.

Baca juga : Asah Kemampuan Anak Muda, Ganjar Milenial Menggelar Pelatihan Membatik 

"Kami memilih pelatihan pembuatan carica karena buah ini hanya ada dan bisa tumbuh di Kabupaten Wonosobo, khususnya di daerah Dieng," katanya.

Pancawati menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan manisan carica tersebut dilakukan untuk memberdayakan ibu-ibu di wilayah tersebut. 

Perempuan berusia 57 tahun ini berharap setelah adanya pelatihan tersebut, muncul pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru yang tertarik berbisnis manisan carica yang potensial.

"Tujuan kami mengadakan pelatihan ini supaya ke depan produksi carica lebih berhasil dan berkembang. UMKM di sini akan naik terkait income," ungkapnya di sela-sela pelatihan.

Pancawati mengatakan pelatihan tersebut diharapkan juga menstimulasi para peserta untuk mau memulai bisnis potensial ini. Sebab, bisnis tersebut tidak hanya berpotensi merambah pasar regional ataupun nasional, tetapi juga internasional sehingga manisan carica makin dikenal.

"Harapan kami dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan ibu-ibu di daerah ini tentang cara pembuatan carica akan lebih baik. Kemudian, perekonomian rumah tangga mereka makin meningkat," katanya.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Adakan Pelatihan Pembuatan Pot Bunga Di Makassar

Pihaknya ingin mencontoh panutannya, bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo, yang sukses menjalankan program Lapak Ganjar yang dikhususkan untuk memberdayakan dan mengangkat UMKM agar bisnis mereka makin luas sehingga terbukanya lapangan pekerjaan baru.

"Ini jelas sekali kami terinspirasi dari program bapak ganjar yang memiliki program kerja peningkatan UMKM di Jawa Tengah," ucapnya.

Mak Ganjar bersama para peserta pelatihan juga kompak mendukung dan mendoakan Ganjar Pranowo agar menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

Sementara itu, peserta pelatihan Fitri Kurnia Lestari mengatakan dirinya ikut mempraktikkan cara mengolah manisan carica dari membuat sirup manisan, merebus buahnya, hingga dicampurkan menjadi satu. Bukan hanya itu, dia ikut mengemas manisan carica ini hingga siap dijual.

"Pelatihan manisan carica ini sangat berguna, terutama untuk ibu-ibu yang ingin mengembangkan usahanya untuk bikin manisan carica," ungkap perempuan berusia 43 tahun tersebut.

Perempuan yang juga pengusaha UMKM di Wonosobo ini menyatakan ketertarikannya untuk membuka bisnis produk manisan carica setelah ikut pelatihan tersebut.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Festival dan Menghias Jajanan Nusantara

"Tertarik, kebetulan saya juga pengusaha UMKM Wonosobo. Ke depan saya ingin memproduksi carica juga," ujarnya.

Fitri berharap Mak Ganjar bisa terus mengadakan pelatihan semacam ini. Dia juga berharap Ganjar Pranowo bisa terus membina UMKM lokal di seluruh Indonesia agar semakin berkembang dan maju.

"Semoga Pak Ganjar bisa membina ibu-ibu seluruh Indonesia agar usahanya lebih maju, terutama untuk UMKM. Bisa memajukan bangsa Indonesia," katanya.

Fitri turut mendoakan Ganjar Pranowo agar terpilih sebagai presiden Indonesia dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Semoga Pak Ganjar sukses dan terpilih sebagai presiden Indonesia di periode berikutnya," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.