Dark/Light Mode

Seleksi Calon Pj Bupati Bogor

DPRD Gelar Diskusi Publik

Rabu, 25 Oktober 2023 07:40 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Foto: Ist)
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berencana menggelar diskusi publik untuk memilih calon Penjabat (Pj) Bupati Bogor usulan Dewan. Mereka memastikan, nama yang tersaring akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan, diskusi publik untuk memilih calon Pj Bupati Bogor usulan Dewan, digelar secara terbuka serta menghadirkan para bakal calon Pj. Menurutnya, kegiatan itu bertujuan agar masyarakat, civil society, dan akademisi, bisa mendengar langsung rencana-rencana yang akan dijalankan para bakal calon Pj Bupati Bogor.

“Kegiatan itu juga akan mem­buat para bakal calon Pj Bupati Bogor bisa mengetahui harapan publik terhadap pembangunan Kabupaten Bogor ke depan. Sesuai temanya, kegiatan itu di­lakukan secara terbuka, mempertemukan mereka (calon Pj Bupati) dengan masyarakat,” ujar Rudy di Cibinong, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Senin (23/10).

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 25 Oktober, Hadir Di IKEA Sentul

Lebih lanjut, dia berharap, DPRD Kabupaten Bogor bisa mendapat masukan dan saran,agar dapat menyaring tiga nama calon Pj Bupati Bogor berdasarkan suara masyarakat. Dia memastikan, nama-nama calon itu akan diserahkan kepada Kemendagri melalui Gubernur Jabar.

Rudy memambahkan, diskusi publik tentang pemilihan calon Pj Bupati Bogor juga bertujuan untuk menetralisir kecurigaan masyarakat, atas keberpihakan DPRD terhadap figur tertentu.

“Meski belum mendapat surat dari Kemendagri, kami akan melakukan kegiatan ini. Sebab, masa jabatan Bupati segera berakhir,” imbuhnya.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Rabu 25 Oktober, Hadir Di Mall BTW

Soal kandidat Pj Buoati, Rudy mengatakan, pihaknya sudah meradar sejumlah nama yang dianggap memenuhi syarat. Di antaranya, ungkap dia, AKBP Iman Imannudin, Asep Engkus Sutisna, Adang Suptandar, dan satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Jakarta.

Secara terpisah, Staf Ahli Gubernur Jabar Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Engkus Sutisna memberikan tanggapan usai namanya masuk bursa calon Pj Bupati Bogor. ASNdi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini mengaku siap jika ditunjuk mengemban amanat tersebut.

“Sebagai PNS, jika ditugaskan saya harus siap. Jika ditakdirkan saya harus siap,” kata Engkus.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Selasa 24 Oktober, Hadir Di Mall Cileungsi

Menurut dia, Kabupaten Bogor bukanlah daerah yang asing. Selain sebagai tempat tinggal, lanjutnya, dirinya pernah men­jadi Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor periode 2005-2010, danmengawali karir PNS di Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah kalau kembali ke Bogor. Itu takdir. Dulu saya mengawali karir di sini, saya siap jika harus kembali dan ditugaskan,” ucap Engkus.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 25/10/2023 dengan judul Seleksi Calon Pj Bupati Bogor, DPRD Gelar Diskusi Publik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.