Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kabar Baik, Tak Ada Lagi Zona Merah Di DKI Jakarta Dan Jatim

Senin, 1 Maret 2021 12:00 WIB
Kegiatan vaksinasi wartawan di Hall A Basket, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu (27/2). (Foto: ist)
Kegiatan vaksinasi wartawan di Hall A Basket, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu (27/2). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik buat kita semua. Jumlah daerah yang masuk risiko tinggi atau zona merah Covid-19 di Indonesia terus menurun. Hingga, hari ini jumlah zona merah tinggal 16 kabupaten/kota atau 3,11 persen dari total kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Hal tersebut dikutip dari data Satgas Penanganan Covid-19 yang ada di situs Covid19.go.id, Senin (1/3). Data tersebut diambil Satgas per 21 Februari 2021. 

Jika dibanding periode 14 Februari 2021, jumlah zona merah menurun drastis dari 44 kabupaten/kota menjadi 16 kabupaten/kota. Artinya ada 28 daerah yang terbebas dari zona merah.

Berdasarkan data tersebut, Bali menjadi daerah dengan zona merah terbanyak. Tercatat ada 4 zona merah. Namun, jumlahnya menurun dibanding sebelumnya 6 zona merah.

Di posisi kedua ada Jawa Tengah. Daerah yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo itu memiliki 3 zona merah. Jumlah tersebut turun drastis di bandingkan periode sebelum yang memiliki 8 zona merah. 

Kemudian ada Kalimantan Tengah dan DI Yogyakarta dengan 2 daerah yang zona merah. Selanjutnya ada Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Barat yang masing-masing memiliki 1 daerah zona merah.

Lalu bagaimana dengan DKI Jakarta dan Jawa Timur? Satgas Covid-19 mencatat, kedua daerah tersebut sudah bebas dari zona merah. Meski begitu risiko sedang di daerah tersebut masih tinggi.

Meski zona merah menurun, tapi zona risiko sedang atau orange masih tinggi. Yaitu 389 kabupaten/kota atau 75,68 persen dari total kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Penurunan zona merah seiring tren penurunan kasus positif di Indonesia, rata-rata kasus harian di Indonesia kini berkisar antara 8.000 kasus. Hal ini seiring Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro oleh pemerintah.

Berikut daftar zona merah Covid-19:

Berita Terkait : Catat Yuk, Rabu Ini Layanan SIM Keliling Hadir Di 5 Lokasi

Bali

Denpasar

Badung

Gianyar

Bangli

Jawa Tengah

Banyumas

Purbalingga

Klaten

Kalimantan Tengah

Berita Terkait : Jakarta Masih Banjjr, Layanan SIM Di Jakarta Tetap Hadir Di 2 Lokasi

Gunung Mas

Kota Palangkaraya

DI Yogyakarta

Kulon Progo

Bantul

Jawa Barat

Kota Bekasi

Kalimantan Selatan

Kota Baru

Sulawesi Selatan

Berita Terkait : Pengamat: Tidak Ada Satu Pun Pemimpin DKI Yang Bisa Mengatasi Banjir

Kota Palopo

Nusa Tenggara Timur

Kota Kupang

Nusa Tenggara Barat

Kota Mataram. [DIT]