Dark/Light Mode

Survei LSI: Ganjar Teratas, Prabowo Membuntuti, Anies Anjlok

Rabu, 30 Agustus 2023 16:07 WIB
Ganjar Pranowo dan istri, Siti Atiqoh Supriyanti. (Foto: Instagram)
Ganjar Pranowo dan istri, Siti Atiqoh Supriyanti. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset teranyar Lingkaran Survei Indonesia yang dipublikasikan pada hari ini, Rabu (30/8), mengukuhkan Ganjar Pranowo sebagai pemenang Pilpres 2024 dalam simulasi tertutup tiga nama.

Ganjar sukses meraup angka 37 persen. Naik dibanding Agustus 2022, yang hanya 31,7 persen.

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Tetap Teratas Kalahkan Prabowo Dan Anies

Di belakang Ganjar, Prabowo Subianto membuntuti dengan angka 35,3 persen. Naik dibanding tahun lalu, yang hanya 30,1 persen.

Kondisi berbeda dialami Anies Baswedan. Sementara Ganjar dan Prabowo mengalami kenaikan elektabilitas, suara Anies justru anjlok, dari angka 28,2 persen pada tahun lalu menjadi 22,2 persen.  

Baca juga : Jokowi Tunjuk-Tunjuk Ganjar Di Depan Prabowo Saat Berkunjung Ke Pasar Pekalongan

Survei nasional tatap muka ini dijalankan LSI pada 3-9 Agustus 2023, dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Survei ini menggunakan margin of error sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Baca juga : Ganjar Naik, Prabowo Stagnan, Anies Turun

Quality control terhadap hasil wawancara, dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.