Dark/Light Mode

Banjir Di Aceh

La Nyalla Minta Senator Bantu Pengungsi

Minggu, 13 Desember 2020 08:13 WIB
Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Dok. DPD)
Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Dok. DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta senator asal Aceh segera memberi bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Pasalnya, musibah banjir ini melanda 22 kecamatan dan membuat ribuan orang mengungsi. 

“Setidaknya 27 ribu warga Aceh Utara yang mengungsi akibat banjir. DPD harus hadir di tengah rakyat, terutama saat dibutuhkan seperti ini. Saya minta senator Dapil Aceh segera turun memberi bantuan kepada para pengungsi,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, kemarin. 

Baca juga : 15 Kecamatan di Aceh Timur Terendam Banjir, Sebagian Warga Mengungsi

Banjir yang terjadi sejak Sabtu (5/12) itu juga menyebabkan sejumlah kerusakan. Sebanyak empat orang meninggal dunia. La Nyalla mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya para korban. Ia berharap, pemerintah daerah (pemda) bergerak cepat mengantisipasi dampak akibat banjir, dan menangani para pengungsi. 

“Pemda harus menyiapkan segala keperluan warga yang mengungsi. Kenyamanan dan keselamatan warga harus menjadi prioritas,” ucap senator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur ini. 

Baca juga : Bamsoet Minta SOKSI Bantu Pemerintah Kurangi Pengangguran

Sebab, sambung dia, berdasarkan informasi yang ia peroleh, pengungsi banjir di Aceh Utara banyak yang mengeluhkan kurangnya sarana dan fasilitas penunjang di pengungsian. Mulai dari kekurangan air bersih, hingga anak-anak yang sakit. 

“DPD meminta Pemda memastikan kesehatan warga. Jangan sampai, warga justru jatuh sakit di tempat pengungsian. Selain itu, protokol kesehatan di tempat pengungsian juga harus diterapkan agar tidak ada penularan Covid-19, terutama terhadap warga dengan kategori rentan,” imbuhnya. 

Baca juga : Ringankan Industri Di Tengah Pandemi, Apkasindo Minta Bea Keluar Sawit Di Tunda

Lebih lanjut, La Nyalla meminta PLN segera mengatasi permasalahan listrik di lokasi bencana. Pasalnya, musibah banjir juga menyebabkan listrik padam di sejumlah kecamatan. Dia berharap, pemadaman listrik segera diatasi. Dengan begitu, warga tidak kesulitan beraktivitas. 

“Kami juga mengingatkan senator Dapil Aceh agar terus melakukan koordinasi dengan Pemda. Agar keperluan warga bisa tersalurkan dengan tepat,” tandas mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.