Dark/Light Mode

Jenderal Royke Lumowa Telah Siap Keliling Dunia Dari Jakarta Menuju Paris

Rabu, 5 Juli 2023 08:22 WIB
Irjen (Purn) Royke Lumowa (Foto: Istimewa)
Irjen (Purn) Royke Lumowa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Irjen (Purn) Royke Lumowa, purnawirawan Polri yang baru saja menyelesaikan studi doktoral di Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia, sudah siap mental maupun fisik untuk keliling dunia dari Jakarta menuju Paris, Prancis. Royke akan berkeliling dengan menggunakan sepeda.

"Saya sudah siap mental maupun fisik untuk keliling dunia. Doakan rencana ini bisa sukses," ujar Toyke Lumowa, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (5/7).

Waktu pelaksanaan adalah 8 Juli 2023 sampai November 2024 (1 tahun +). Rute yang akan dilalui melewati 47 negara. Di antaranya yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, China, Nepal, India, Pakistan, Iran, Turkey, Yunani, Bulgaria, Makedonia Utara, Albania, Montenegro, Bosnia, Kosovo, Serbia, Rumania, Hungaria, Slovakia, Austria, Slovenia, Kroasia, Italia, Monako, Spanyol, Andorra, Portugal, Maroko, Inggris, Belgia, Belanda, Denmark, Norwegia, Swedia, Findlandia, Rusia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Czecnya, Jerman, Swiss, Perancis.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 5 Juli, Hadir Di 5 Lokasi

Dia berencana finis di Paris bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Musim Panas pada 26 Juli 2024. Kata Royke, momentum ini adalah bagian dari spirit bahwa Indonesia siap menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2036.

"Alasan menggunakan sepeda adalah bagian dari kampanye bahwa mari menggunakan sepeda ke mana pun kita pergi untuk menyelamatkan bumi (Cycling anywhere to save the earth). Sepeda adalah moda transportasi ramah lingkungan yang dapat meminimalkan karbondioksida dan mampu menekan kenaikan suhu global tak melebihi 2 derajat celsius sebagaimana Paris Agreement dan COP21," terangnya.

Touring sepeda ini sekaligus mengandung maksud mengajak kaum muda Indonesia untuk sama-sama membangun negeri dengan semangat dan dedikasi pantang menyerah, cinta Tanah Air demi kemajuan Indonesia ke depan yang lebih maju. Bersepeda keliling dunia ini memiliki lima misi perjalanan. Pertama, merajut persahabatan antar-negara dalam rangka perdamaian dunia. Kedua, mengajak masyarakat dunia untuk meningkatkan aksi penyelamatan bumi melalui pelestarian lingkungan. Ketiga, mempropagandakan sepeda sebagai moda transportasi ramah lingkungan. Keempat, mengusung keselamatan jalan. Kelima, mempromosikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas tahun 2036.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 4 Juli, Hadir Di 5 Lokasi

Royke menjelaskan, setiap kayuhan sepeda selama mengembara tidak terlepas dari kelima misi tersebut. Sepeda yang akan digunakan adalah sepeda jenis Road Bike buatan lokal/wdnsdy. 

"Selain itu, saya juga akan menggalang donasi untuk membantu penyiapan energi terbarukan/energi listrik tenaga surya kepada masyarakat daerah terpencil," katanya. 

Touring ini akan diiringi satu unit mobil Hilux double cabin yang diawaki tiga orang kru dan bertugas sebagai pengemudi (Yayak), mekanik (Stev), dan fotografer (Dimas). Posko di Jakarta diawaki Zam Zam, Yupa, Ben, Jannes, dan Panji. Laporan pandangan mata selama perjalanan akan ditayangkan setiap hari di media sosial tersebut, media cetak, dan televisi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.