Dark/Light Mode

GM Susanto Megaranto Juarai JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021

Rabu, 8 Desember 2021 21:11 WIB
GM Susanto Megaranto (kiri) juara JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021, yang berakhir di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Rabu (8/12). (Foto: Istimewa)
GM Susanto Megaranto (kiri) juara JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021, yang berakhir di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Rabu (8/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pecatur pelatnas, GM Susanto Megaranto akhirnya tampil sebagai juara JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021, yang berakhir di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Rabu (8/12).

Kepastian itu capai pecatur asal Indramayu, setelah meraih poin kemenangan atas Sagita Catur Adi pada babak 9, hasil ini membuat Susanto mengemas poin 8, mengungguli dua pesaingnya, Surya Wahyudi dan Ramadhan Dziththauly, yang sana-sama mengemas poin 7,5.

Baca juga : Surya Wahyudi Taklukan Susanto Di Babak Ke-6

Mereka harus  puas berada di posisi kedua dan ketiga turnamen berhadiah total Rp 110.500.000 ini. Susanto Megaranto mengaku puas karena bisa bertanding dan juara setelah sekian lama vakum karena pandemi.

“Saya tetap bersyukur masih bisa bertanding secara normal dan juara. Bagi saya bukan juaranya yang penting tapi adanya kesempatan bertanding,”ujar ayah dua anak ini.

Baca juga : Di Babak 4, Megaranto Mampu Mengecoh Gilbert

Susanto juga menilai semangat para peserta mengikuti turnamen ini cukup tinggi.Mungkin hal itu dikarenakan sudah lama tidak ada turnamen secara langsung.

Ia berharap ke depan akan semakin banyak turnamen catur elorating supaya memberi kesempatan kepada pecatur lain yang potensial untuk berkembang.

Baca juga : JAPFA Fide Rated Chess, Ventje Ropa Juarai Turnamen Catur Antar Wartawan

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto juga punya harapan yang sama. Utut yang juga politisi dan anggota DPR tiga periode dari Fraksi PDIP itu juga mengakui bahwa turnamen rating sangat penting ketimbang kita harus mendatangkan pecatur dari luar negeri.

“Percasi akan fokus pada pembinaan ke dalam. Jika sudah banyak atlet potensial muncul barulah mereka kita proyeksikan ikut turnamen berkualitas," ujar Utut.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.