Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gebuk Vietnam, Garuda Muda Juara Piala AFF U-16

Jumat, 12 Agustus 2022 22:21 WIB
Selebrasi Kafiatur Rizki usai mencetak gol ke gawang Vietnam. (Foto : Ist)
Selebrasi Kafiatur Rizki usai mencetak gol ke gawang Vietnam. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia U-16 akhirnya meraih gelar juara setelah mengalahkan Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8) malam.

Tim asuhan Bima Sakti juara setelah menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal Muhammad Kafiatur pada injury time babak pertama cukup membawa timnas U-16 Indonesia memenangkan pertandingan di Stadion Maguwoharjo.

Duel berlangsung ketat sejak awal pertandingan.Garuda Asia berusaha untuk mencetak gol cepat sehingga langsung menekan pertahanan Vietnam. Indonesia sangat kesulitan untuk menjebol gawang lawan. Vietnam bertahan dari setiap serangan Garuda Asia.

Vietnam pun balik menekan Timnas Indonesia U-16 jelang menit ke-20. Hingga menit ke-25, skor kaca mata belum berubah.

Baca juga : Sharp Indonesia Dukung Timnas Garuda INAF Berlaga di Piala Dunia 2022

Pada menit ke-29, Iqbal Cs mendapatkan peluang di depan kotak penalti melalui tendangan bebas. Sayang, tendangan bebas Muhammad Riski Afrisal mampu diamankan oleh kiper Vietnam.

Setelahnya, Timnas Indonesia U-16 berada di bawah tekanan Vietnam lagi. Permainan Garuda Asia mulai sulit berkembang karena kerap salah mengoper.

Bola diambil oleh Riski Afrisal. Namun, tendangannya masih bisa diamankan kiper Vietnam.  

Pada menit ke-40, Kaka punya peluang mencetak gol usai menerima umpan lambung Habil ke kotak penalti.  Hanya saja, gangguan dari dua pemain Vietnam membuatnya gagal menyelesaikan peluang dengan sempurna.  

Di akhir babak pertama, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Kafiatur Rizki melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 saat jeda.

Baca juga : Buka Gelar, El Real Juara Piala Super Eropa

Di awal babak kedua atau menit ke-52, Indonesia mendapatkan peluang emas di muka gawang Vietnam. Namun, umpan dari  Rizdjar Nurviat Subagja gagal dimaksimalka.

Pada menit ke-70, pertandingan Indonesia vs Vietnam berlangsung ketat dalam guyuran hujan. Pada menit ke-89, Vietnam nyaris menyamakan skor. Phan Thanh Duc Thien melepaskan tendangan di dalam kotak penalti. Beruntung kiper Indonesia Andrika Fathir Rachman masih bisa menyelamatkan.

Pada menit ke-90+2 pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan mendapatkan kartu merah dari wasit asal Laos Xaypaseth Phongsanit karena terlalu banyak melakukan protes.

Sempat juga terjadi keributan antar pemain di pengujung pertandingan, meski akhirnya dapat diredam wasit.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia mampu menang 1-0 atas Vietnam dan juara Piala AFF U-16 2022.

Baca juga : Penerbangan Ditunda, Garuda Minta Maaf Ke Jemaah Haji Kalsel

Susunan Pemain

Timnas Vietnam U-16: Pham Dinh Hai, Le Nguyen Quoc Kien, Vi Dinh Thuong, Le Thang Long, Nguyen Huu Trong, Nguyen Cong Phuong, Le Duc Phat, Le Dinhj Long Vu, Ngiyen Trung Nguyen, Bui Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien

Timnas Indonesia U-16: Adrika Fathir, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Riski Afrisal, Achmad Zidan, Kafiatur Rizky, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Nabil Asyura.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.