Dark/Light Mode

Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-VIII Tahun 2022

Lewat Olahraga, Pj Gubernur Banten Ajak Ciptakan Perdamaian Dunia

Selasa, 6 Desember 2022 15:29 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara pembukaan kejuaraan dunia Wushu Junior Ke-VIII Tahun 2022 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Senin (5/12). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara pembukaan kejuaraan dunia Wushu Junior Ke-VIII Tahun 2022 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Senin (5/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara pembukaan kejuaraan dunia Wushu Junior Ke-VIII Tahun 2022 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Senin (5/12).

Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diikuti oleh lebih 60 negara di dunia.

Al Muktabar mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini, dari tanggal 5-10 Desember 2022, menjadi momentum untuk menciptakan tata kelola perdamaian dunia.

Baca juga : Lawan Korsel, Tite Pastikan Neymar Turun

Hal itu menjadi pesan penting bagi seluruh negara peserta wushu di tengah terjadinya peperangan antar negara yang berdampak pada kondisi perekonomian dunia.

"Karena sejatinya, wushu bukan hanya olahraga yang bersifat prestasi semata, tetapi juga olahraga yang mengikat persahabatan dari seluruh bangsa-bangsa di dunia," ujar Al Muktabar.

Selain untuk menciptakan perdamaian dunia, pertandingan wushu yang diikuti oleh sekitar 807 peserta itu juga akan menumbuhkan ekonomi-ekonomi produktif, tata pergaulan, serta persahabatan antar negara.

Baca juga : Kejuaraan Dunia Wushu Junior, Indonesia Catat Sejarah Hadirkan Peserta Terbanyak

"Yang pada akhirnya nanti ekonomi Provinsi Banten akan terus terjaga dengan baik di tengah kondisi ancaman resesi global," tuturnya.

Al Muktabar memastikan, Pemprov Banten akan terus mendorong prestasi olahraga wushu di Banten agar bisa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, mengingat potensi olahraga ini sangat luar biasa.

"Apalagi tadi bapak Presiden diberikan penghargaan level tertinggi di dunia, yakni level sembilan. Itu menjadi motivasi bagi kita semua," ucapnya.

Baca juga : Putra/Patra Kalah, Skuad Garuda Muda Gagal Raih Emas

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian.

Juga, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Sekretaris Jenderal Federasi Wushu Internasional (IWUF) Zhang Qiuping, jajaran pengurus KONI pusat, Bupati Tangerang M Zaki Iskandar, serta tamu undangan lainnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.