Dark/Light Mode

Respon Menpora Dito Soal Pembatalan World Beach Games 2023

Rabu, 5 Juli 2023 14:58 WIB
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : ist)
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyayangkan batalnya ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali. Ajang tersebut sedianya berlangsung pada 5-12 Agustus mendatang. 

"Mewakili pemerintah, Kemenpora sangat menyayangkan pembatalan event ini," kata Menpora Dito, Rabu (5/7).

Baca juga : Menpora Dito Dorong KONI Kembangkan Inovasi Demi Prestasi Olahraga

Menpora Dito menegaskan, Indonesia selalu mendukung dan siap untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat internasional.

Hal ini sekaligus juga merespons alasan pembatalan yang dirilis ANOC yaitu LOC mengundurkan diri karena anggaran tidak dirilis pemerintah.

Baca juga : Diperiksa Kejagung 2 Jam, Menpora Dito Lega Sudah Klarifikasi

"Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional, baik olahraga maupun event lain dengan pembangunan infrastruktur dan SDM. Sejatinya event-event internasional mampu meningkatkan gairah ekonomi pascapandemi (Covid-19)," ujar Menpora Dito. 

Menpora Dito mengatakan Kemenpora dalam hal menyusun perencanaan anggaran terus melakukan asistensi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan. 

Baca juga : Ketua KOI Pastikan World Beach Games Masih Sesuai Jadwal

"Dalam menyusun perencanaan, Kemenpora melakukan asistensi bersama BPKP dan Kementerian Keuangan. Hal ini agar menghasilkan rencana anggaran yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," terang Menpora Dito.

"Selain perencanaan memang ada beberapa isu lain yang muncul setelah batalnya FIFA World Cup U-20. Tapi untuk kemampuan finansial, bisa dilihat pemerintah selalu siap untuk memberangkatkan kontingen multicabang dan juga tidak pernah terlambat dalam pemberian bonus atlet peraih medali," pungkas Menpora Dito.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.