BREAKING NEWS
 

Kejar Swasembada Gula

PTPN III Gandeng Pemkab Pemalang Perluas Areal Tanaman Tebu

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 31 Juli 2022 10:34 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) terus mengoptimalkan luasan pengelolaan lahan perkebunan tebu demi mewujudkan swasembada gula konsumsi di 2025. Salah satu caranya, melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Pada Kamis (28/7) lalu, Holding Perkebunan Nusantara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang melakukan tanam tebu perdana pada areal seluas 10 hektar di Desa Banglarangan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Tanam perdana tersebut dihadiri Direktur SDM Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Seger Budiarjo dan Bupati Kabupaten Pemalang Mukti Agung Wibowo.

Kabupaten Pemalang dipersiapkan sebagai lokasi project pengembangan areal tebu karena dari data yang dihimpun, Kabupaten Pemalang memiliki potensi area lahan bengkok seluas 989.635 hektar (ha) yang terdiri dari sawah dan tegalan yang dapat ditanami tebu.

Baca juga : Kemenlu Gandeng BP Jamsostek Perluas Kepesertaan

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melalui anak usahanya, yaitu PT Perkebunan Nusantara IX, dalam kerja sama ini nantinya akan bertindak sebagai pengelola lahan tebu.

Direktur SDM Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Seger Budiarjo mengatakan, kunci untuk mewujudkan kemandirian gula nasional hanya dapat direalisasikan dengan menjadikan petani tebu sebagai komponen utama industri gula di Tanah Air.

"Dukungan kepada petani tebu menjadi harus dilakukan secara masif melalui bantuan pendampingan. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas yang akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani tebu. Kesejahteraan petani dan kemandirian gula konsumsi nasional menjadi tujuan utama kami," katanya, Minggu (31/7).

Untuk mencapai harapan tersebut, kata Seger, program Holding Perkebunan Nusantara bersama dengan anak perusahaan yaitu PTPN IX akan menyediakan bantuan bibit berkualitas kepada masyarakat petani tebu.

Adsense

Baca juga : Genjot Swasembada Gula, Puan Dorong Kesejahteraan Petani

"Langkah ini diharapkan memberikan dampak pada kenaikan produktivitas pertanian tebu rakyat, sehingga mendongkrak pendapatan petani," ujarnya.

Penanaman tebu perdana di Desa Banglarangan, Kabupaten Pemalang ini selaras dengan Program Makmur. Program yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sedang dijalankan oleh PTPN Group. PTPN menyediakan pupuk non subsidi untuk mendukung budidaya perkebunan.

“Niat ke depan, ketika kami nantinya dapat mengembangkan model pendanaan yang sustainable, kami akan siapkan bibit terbaik sekaligus pembinaan kepada petani. Terkait penyediaan pupuk, kami akan berkolaborasi dengan BUMN lain, melalui Program Makmur yang diinisiasi Menteri BUMN," jelasnya.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo optimis kegiatan kerja sama pengelolaan areal tebu ini mampu memperbaiki perekonomian masyarakat Pemalang.

Baca juga : Sinar Mas Gelar Bazar Ramadan Di Mabes TNI Dan Kementerian Pertanian

"Saya meyakini komoditi tebu mampu memberikan keuntungan yang lebih baik dibandingkan komoditi lainnya, sehingga akan memberikan kontribusi yang lebih baik untuk peningkatan kesejahteraan petani," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense