Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gelar Rakernas 2021, REI Dukung Pembiayaan Perumahan Lewat BP Tapera

Senin, 20 Desember 2021 17:39 WIB
Foto: Dok REI
Foto: Dok REI

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI Tahun 2021 dengan mengusung tema “Menyatukan Langkah dan Strategi Bisnis Realestat Pasca Pandemi” di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Senin (20/12).

Kegiatan ini diadakan terbatas secara hibrid serta diikuti perwakilan pengurus daerah dari seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi saat membuka Rakernas REI 2021 menegaskan berharap pengembang bisa menjaga momentum dalam pemulihan properti pada tahun depan. Apalagi sektor properti sudah memperlihatkan kinerja yang baik dengan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 13,6 persen di 2020.

Baca juga : Teken MoU, KAI Kembangkan Perkeretaapian Di Kota Bogor

 “Kebangkitan properti sangat penting karena berhubungan dengan rantai pasok yang cukup besar, yaitu 172 bisnis lain. Artinya, kebangkitan properti akan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat di berbagai sektor, serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," ungkap Jokowi secara virtual yang disaksikan peserta Rakernas REI 2021, secara offline dan online.

Jokowi mendorong sektor properti untuk mengisi kesempatan yang terbuka akibat pandemi. Jokowi mengajak pengembang bersatu dan terus membangun hunian, tidak terkecuali demi mencapai target pembangunan sejuta rumah dan pembangunan ibu kota baru.

“Kami ingin mengingatkan kalau pemerintah bukan hanya membantu kelas menengah atau menengah atas saja, tapi juga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan stimulus-stimulus agar bisa memiliki hunian yang layak," tegas Jokowi.

Baca juga : Persija Yakin Dua Pemain Barunya Bisa Bikin Perubahan

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida mengatakan kegiatan Rakernas kali ini hanya diselenggarakan dalam satu hari demi tetap menjaga protokol kesehatan dan penyebaran Covid-19.

Rangkaian Rakernas 2021 diisi dengan dua sesi talkshow bertajuk “Mengatasi Kendala Proses Perizinan OSS” dan “Dukungan Pembiayaan Perumahan Melalui BP Tapera”.

Pada acara ini, REI juga mencanangkan program organisasi di tahun depan, serta sesi terakhir diumumkan pemenang REI Award 2021, sebuah penganugerahan bergengsi bagi proyek properti dari berbagai kategori mulai dari rumah bersubsidi hingga properti komersial.

Baca juga : Pupuk Kaltim Dukung Penguatan Pendidikan Vokasi

“Tema rakernas ini dipilih karena pandemi Covid-19 telah mengubah masyarakat dan dunia usaha, khususnya di industri properti,”ujar Totok, dalam keterangannya, Senin (20/12).

Di dalam Rakernas 2021, REI turut menyoroti mengenai peran BP Tapera yang mulai awal 2022 mulai menghimpun, menyediakan dan menyalurkan dana murah jangka panjang untuk pembiayaan perumahan.

“Sebagai asosiasi yang memainkan peranan penting dalam pemulihan ekonomi, REI terus berupaya menjadi rekan pemerintah yang solutif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di sektor properti dari proses pembentukan badan usaha, hingga penjualan produk properti,” ujar Totok. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.